Jokowi Lantik Jenderal Andika Sebagai Panglima TNI Sebelum Akhir Bulan

Jokowi Lantik Jenderal Andika Sebagai Panglima TNI Sebelum Akhir Bulan
Jenderal Andika Perkasa (ANTARA FOTO)

JAKARTA, SENAYANPOST.com - DPR telah menyetujui pengangkatan Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai Panglima TNI. 

Keputusan itu diambil dalam Rapat Paripurna ke-9 DPR RI Masa Persidangan II Tahun Sidang 2021-2022 yang digelar di ruang rapat paripurna DPR RI, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (8/11/2021).

Dengan demikian Presiden Jokowi akan segera melantik Andika Perkasa menjadi Panglima TNI. 

Staf Khusus Mensesneg, Faldo Maldini belum mengetahui detail rencana pelantikan Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai Panglima TNI di Istana Negara. 

Namun, Faldo memastikan sebelum akhir November 2021, Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) itu telah resmi menjabat sebagai Panglima TNI.

Baca Juga

"Sebelum akhir bulan, kita sudah punya Panglima TNI baru. Masih ada waktu jelang jadwal pensiun dari Panglima sekarang, Marsekal Hadi Tjahjanto," ujar Faldo dilansir MNC, Senin (8/11/2021). 

Diketahui, pada hari ini rapat paripurna DPR telah menyetujui Jenderal Andika sebagai Panglima TNI. Tetapi, surat persetujuan tersebut belum dikirimkan lagi ke pihak Istana. Karenanya, pelantikan Jenderal Andika masih menunggu waktu. 

"Surat dari DPR juga belum masuk. Kami masih menunggu. Semuanya cukup waktu untuk melakukan upacara serah terima jabatan, sebagaimana tradisi di tubuh TNI," jelas Faldo.

Sebagai informasi, KSAD Jenderal TNI Andika Perkas menjadi calon tunggal Panglima TNI yang diajukan Presiden Jokowi. Pencalonan Mantan Danpaspampres itu juga berjalan mulus di DPR. 

Setelah itu, DPR menggelar fit and proper test. Seluruh proses itu berlangsung dengan baik. Anggota dewan pun telah melakukan verifikasi faktual dengan berkunjung ke rumah Andika. 

Selanjutnya, rapat paripurna DPR akhirnya menyetujui menantu eks Kepala BIN AM Hendropriyoni itu sebagai orang nomor satu di TNI.