Jokowi Kutuk Keras Tindakan Israel ke Palestina

Jokowi Kutuk Keras Tindakan Israel ke Palestina

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Presiden Jokowi mengutuk keras tindakan Israel menyerang warga Palestina di Masjid Al-Aqsa pada Jumat (7/5/2021) lalu.

Maka dari itu, pemerintah tak akan melakukan pembiaran terhadap tindakan tersebut.

“Tindakan Israel mengusir warga Palestina dari Syeikh Jarrah, Yerusalem Timur dan menyerang warga sipil di Masjid Al-Aqsa merupakan tindakan yang tidak dapat dibiarkan,” kata Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi dikutip pada Rabu (12/5/2021).

Jokowi, kata dia mendesak agar Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) segera mengambil sikap dan langkah nyata atas tindakan Israel ke Palestina.

Hal tersebut sebagai bentuk dukungan Indonesia kepada rakyat Palestina untuk mendapatkan hak-haknya.

“Indonesia berusaha semaksimal mungkin di semua lini, termasuk di komite, sebagai catatan komite ini ada di PBB yang dibentuk pada 1975, yang memiliki mandat memperjuangkan hak-hak Palestina,” tuturnya.

Selain PBB, Indonesia juga akan mengusulkan pertemuan dengan Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) dan Gerakan Non-Blok (GNB). Pertemuan khusus tersebut, menurutnya akan membahas masalah Palestina.

“Sudah terlalu lama hak Palestina digerogoti Israel, Indonesia akan terus bersama rakyat dan bangsa Palestina dalam memperjuangkan hak-haknya,” ucap dia.