Ekonomi

Jokowi-JK Bayar Zakat Masing-masing Rp50 Juta

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla membayar zakat penghasilan melalui Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) di Istana Negara, Jakarta, Senin (28/5) siang. Dalam kesempatan itu, Jokowi dan JK membayar zakat masing-masing sebesar Rp50 juta.

Pembayaran zakat penghasilan Jokowi dan Jusuf Kalla langsung diterima oleh Ketua BAZNAS, Bambang Sudibyo.

Jokowi menyampaikan, sebagai umat Muslim memberikan zakat adalah menjalankan keindahan Islam yang rahmatan lil alamin.

“Melalui zakat kita berbagai rezeki, rasa persaudaraan, berbagi kebahagiaan dan ibadah terlebih di bulan Ramadhan saat ini. Semoga zakat di bulan Ramadhan menyempurnakan ibadah kita dan ketakwaan kita kepada Allah SWT,” tutur Jokowi.

Jokowi lalu mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk membayar zakat melalui Baznas.

Ketua BAZNAS, Bambang Soedibyo menjelaskan, acara penyerahan zakat di Istana telah berlangsung sejak tahun 2016 lalu.

Yang membedakan tahun ini dengan tahun lalu adalah keikutsertaan pedagang kaki lima, jurnalis, dokter, pengusaha UKM, sampai pengusaha kelas menengah.

Tak hanya itu pembayaran zakat tahun ini juga serentak dilakukan oleh semua pejabat daerah.

“Alhamdulillah pada hari ini bisa terlaksana kembali acara tahunan yang telah dirintis oleh Bapak Presiden sejak 2016. Di mana Bapak Presiden dan pejabatnya menunaikan kewajiban zakat di istana melalui Baznas,” kata Bambang

“Yang diundang pada hari ini pejabat tinggi muslim. Yaitu Presiden, Wapres, para menteri Kabinet Kerja, pimpinan lembaga negara, dan direktur BUMN,” sambungnya.

Terlihat di lokasi, sekitar 300 pejabat tinggi negara juga hadir untuk membayarkan zakatnya.

Mereka dilayani oleh 30 petugas BAZNAS. Para pejabat itu juga dapat membayarkan zakatnya dengan cara tunai maupun transfer.

Dalam acara ini hadir Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Jaksa Agung HM Prasetyo.

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close