Transportasi

Jokowi Ingin Kendaraan Angkutan Umum di Ibu Kota Baru Tanpa Sopir

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Sejumlah persiapan terkait pembangunan ibu kota negara baru di Kalimantan Timur kembali dibahas pemerintah, salah satunya yaitu soal model transportasi.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahkan ingin ibu kota baru menggunakan transportasi massal berbasis kendaraan autonomous atau bus tanpa sopir.

“Baik yang berkaitan dengan transportasi, karena di ibu kota baru nantinya transportasi umumnya, transportasi massa-nya akan menggunakan autonomous vehicle,” kata Jokowi saat memimpin rapat terbatas persiapan pemindahan ibu kota di Kantor Presiden, Rabu (15/1/2020).

Selain itu, mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga ingin kendaraan pribadi menggunakan autonomous car. Jokowi meminta Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brodjonegoro untuk memikirkan desain transportasi itu.

“Pak Menhub dan pak Menteri Riset berbicara mengenai ini, mengenai kesiapan, karena infrastruktur kalau kita betul-betul siap betul infrastrukturnya juga diarahkan kepada penggunaan electric vehicle dan autonomous vehicle,” jelasnya.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi membeberkan transportasi massal yang akan dibangun di Ibu Kota baru guna mengurangi penggunaan kendaraan pribadi. Salah satunya yaitu infrastruktur kereta yang akan dibangun mulai dari Mass Rapid Transit (MRT), Light Rail Transit (LRT) hingga Autonomous Rapid Transit (ART) dan juga Bus Darat-Air (Amfibi).

Seperti diketahui, pemerintah telah resmi menunjuk Panajam Paser Utara dan Kutai di Kalimantan sebagai ibu kota baru. Pembangunan infrastruktur dasar di sana akan dimulai tahun depan.

“Teknologi seperti MRT, ART atau Autonomous Rapid Transit akan kita hadirkan di sana,” kata Menhub Budi beberapa waktu lalu.

Dia menjelaskan bahwa jenis-jenis transportasi tersebut memang belum familiar khususnya untuk ART. ART adalah kereta tanpa kabel listrik dan rel. Kereta ini akan berjalan di jalan raya dengan rel virtual.

“Teknologi itu sendiri masih belum terlalu banyak dilakukan tetapi dengan suatu semangat yang baik, dengan kemampuan teknologi yang dimiliki oleh teman-teman kita di INKA di kereta api, kita yakin dapat melakukan itu semua,” ujarnya.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close