Jokowi Harapkan Vaksin Merah Putih Milik Indonesia Selesai Pertengahan 2021

Jokowi Harapkan Vaksin Merah Putih Milik Indonesia Selesai Pertengahan 2021

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Pengembangkan vaksin virus Corona atau Covid-19 telah dilakukan secara mandiri di Indoneai dalam waktu tiga bulan ini.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap pengembangan vaksin ini bisa selesai pada pertengahan tahun depan.

“Kami telah tiga bulan ini mengembangkan vaksin sendiri dari isolated yang dikembangkan dari covid yang beredar di Indonesia. Kami harapkan vaksin merah putih ini juga akan segera selesai. Dan diperkirakan ini akan bisa diselesaikan nanti di pertengahan tahun 2021,” katanya di Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran (Unpad), Selasa (11/8/2020).

Dia mengatakan pengembangan ini dilakukan oleh Lembaga Eijkman, BPPT, LIPI, dan BP-POM. Termasuk juga Kemenristek dan perguruan tinggi di Indonesia.

“Jadi kita mengembangkan full sendiri oleh lembaga Eijkman dan juga BPPT, LIPI, BP-POM, menristek dan universitas-universitas yang kita miliki yaitu vaksin merah putih,” katanya.

Meski mengembangkan secara mandiri, Jokowi mengatakan bahwa Indonesia membuka diri untuk bekerjasama dengan pihak lain. Salah satunya dengan perusahaan asal Cina Sinovac.

“Kemudian bekerja sama dengan Uni Emirat Arab di G-42. Kerjasama juga dengan Korea Selatan.Kita membuka diri dalam rangka secepat-cepatnya kita bisa melakukan vaksinasi kepada seluruh rakyat Indonesia,” katanya.