Ekonomi

Jokowi: BIJB Harus Jadi Titik Pertumbuhan Ekonomi Baru di Jabar

MAJALENGKA, SENAYANPOST.com – Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Majalengka, diharapkan oleh Presiden Joko Widodo menjadi titik pertumbuhan ekonomi baru di wilayah Jawa Barat dan sekitarnya.

“Yang jelas apa, saya kira pengembangan di sekitar bandara sebagai titik pertumbuhan ekonomi baru juga akan kelihatan,” kata Presiden saat meninjau bandara yang masih dalam proses penyelesaian itu di Majalengka, Selasa (17/4/2018).

Ia mengatakan pengembangan sentra-sentra ekonomi bernama Kertajati Aero City di sekitar bandara akan dilakukan setelah pembangunan bandara itu harus rampung sesuai target.

Pembangunan Kertajati Aero City mencakup pembangunan zona industri dan pergudangan; zona pelayanan umum dan sosial; zona perkantoran, perdagangan, dan jasa; zona perumahan; zona ruang terbuka hijau; zona ruang terbuka biru; zona campuran, dan marga jalan.

Selain itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan BIJB rencananya akan digunakan pada musim haji tahun ini.

“Kami akan melakukan fasilitasi sebagai embarkasi antara paling tidak ada lima flight yang bisa berangkat dari sini, untuk haji yang berasal dari dua kabupaten yaitu kita harapkan tiga bulan lagi itu bisa berjalan, tadi sudah kami cek hotel, hotelnya sudah bagus,” katanya.

Ia menambahkan, “Kita menggunakan dua hotel di Majalengka untuk asramanya,”

Adapun Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan rencananya pelayanan embarkasi haji untuk Jawa Barat dimulai dari dua kabupaten, Majalengka dan Sumedang. 

“Sebanyak kurang lebih 2.000 penumpang haji yang akan berangkat dari BIJB,” katanya.

Ia mengemukakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Kementerian Agama sekaligus BIJB sebagai pengelola bandara untuk memaksimalkan seluruh potensi yang ada. (JS)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close