Ekonomi

Jokowi Bangga Ada Koperasi Beromzet Triliunan

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Presiden Joko Widodo mengaku bangga ada koperasi di Indonesia yang sudah memiliki omzet hingga triliunan rupiah.

BUkan hanya itu, Presiden Jokowi juga bangga ada anak usaha koperasi yang sudah melantai di pasar bursa.

“Kospin Jasa (anak usahanya) sudah melantai di bursa, saya tahu Koperasi Sidogiri juga omzetnya, perputaran uangnya lebih dari Rp16 triliun,” kata Jokowi, pada acara puncak peringatan Hari Koperasi Nasional ke-71 di Tangerang, Kamis (12/7/2018).

Koperasi-koperasi seperti itulah yang menurut Presiden harus diikuti dan direplikasi oleh koperasi-koperasi lain.

Ia ingin agar koperasi-koperasi lain di Tanah Air meneladani sukses koperasi tersebut.

“Seperti ini yang harus diikuti koperasi lain tanyakan apa kuncinya tanyakan ke sana kuncinya apa bisa berkembang dengan sangat cepat ya,” katanya.

Ia juga meminta agar koperasi di Indonesia belajar pada koperasi-koperasi terbaik di dunia seperti Fonterra di Selandia Baru.

Fonterra adalah sebuah koperasi yang bergerak di bidang susu dan memproduksi susu dimana sahamnya dimiliki bersama oleh 10.500 petani di Selandia Baru.

Koperasi itu menghasilkan omset 17,2 miliar New Zealand dollar atau sekitar Rp165 triliun pertahun omsetnya.

“Coba datangi saja cara memulainya dari apa dan kenapa kuncinya di mana. Belajar di sana seminggu 2 minggu 3 minggu bisa orang kita nih pinter-pinter kalau suruh mengcopi. Suruh yah mengcopi, menjiplak, meniru, modifikasi agar lebih dari Fonterra nggak usah berpikir, tiru, modifikasi bikin umpan,” katanya.

Dengan omset sebesar itu, Fonterra telah menjadi perusahaan terbesar di Selandia Baru.

“Bayangkan coba perusahaan terbesar itu adalah koperasi, kita ingin di Indonesia juga sama, perusahaan terbesar Indonesia adalah koperasi,” katanya. (JS)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close