Jokowi: Bandara Sukabumi Dibangun Tahun Depan

Jokowi: Bandara Sukabumi Dibangun Tahun Depan

BOGOR, SENAYANPOST.com – Presiden Jokowi memastikan pemerintah akan membangun Bandara di Sukabumi tahun depan. Menurut Jokowi, Sukabumi adalah wilayah yang memiliki potensi besar untuk perekonomian.

“Bandara tahun depan di Sukabumi dimulai (pembangunan) juga,” kata Jokowi usai peresmian Tol Bocimi seksi I, Sabtu (1/12).

Namun Jokowi belum mau menyebut di mana tepatnya lokasi pembangunan bandara tersebut.

“Udah, nggak usah ditunjukin sebelah mana, tahun depan dimulai. Teknisnya nanti,” kata dia.

Sebelumnya Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebutkan pembangunan Bandara Sukabumi, Jawa Barat dimulai awal 2019. Bandara tersebut rencananya dibangun di kawasan Cikembar, Sukabumi.

Baca Juga

Pembangunan bandara yang sudah dimulai pembebasan lahannya menelan dana hingga Rp400 miliar. Sumber pendanaan tersebut berasal dari APBN dan APBD.

“(Sebsar) 30% Pemda, 70% APBN. Rp 300-400 miliar lah,” kata Budi.

Rencananya, bandara ini nantinya dikelola lebih dulu oleh Kementerian Perhubungan. Bandara ini didesain dengan panjang runway hingga 2.000 meter.

Pembangunan bandara di Sukabumi dilakukan sebagai upaya menggenjot pembangunan infrastruktur di Jawa Barat bagian selatan. Selain bandara, reaktivasi rel kereta api Sukabumi-Bandung juga dilakukan untuk mempermudah mobilisasi warga Jawa Barat.