Jokowi Apresiasi Kedewasaan Masyarakat Berpolitik saat Pilkada

Jokowi Apresiasi Kedewasaan Masyarakat Berpolitik saat Pilkada

KARANGANYAR, SENAYANPOT.com – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menilai masyarakat Indonesia makin dewasa dalam berpolitik dan berdemokrasi. Hal itu, lanjut dia, terbukti dari kepala daerah dan wakil daerah yang terpilih dalam Pilkada Serentak 2018 merupakan pemimpin-pemimpin yang baik.

“Alhamdulillah di Tanah Air, Pilkada 171 pilihan bupati, walikota dan gubernur berjalan dengan baik. Dan saya melihat masyarakat semakin matang dalam berpolitik dan makin dewasa dalam berdemokrasi dengan bisa memilih pemimpin-pemimpin yang baik,” ujar Presiden Jokowi saat memberikan sambutan dalam acara groundbreaking Ponpes MTA di Dusun Tunggul Sari, Desa Pojok, Kecamatan Mojogedang, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Minggu (15/7/2018) siang.

Jokowi menilai, terpilihnya pemimpin-pemimpin yang baik setelah masyarakat melihat rekam jejak kinerja calon. Tak hanya itu, warga juga membuktikan sendiri dengan fakta yang terhadap kinerja dan rekam jejak peserta pilkada serentak.

“Memilih itu dilihat track record-nya seperti apa. Rekam jejak dan prestasinya seperti apa, fakta-fakta dan bukti-bukti itu ada semuanya dilihat juga. Dan saya lihat bupati-wakil bupati, wali kota-wakil wali kota, gubernur dan wakil gubernur yang terpilih menunjukkan masyarakat semakin dewasa, matang, makin tahu bagaimana cara berpoltik yang baik,” ungkap Jokowi.

Usai pilkada serentak, Jokowi mengingatkan agar warga tidak bersinggungan lantaran beda pilihan. Pasalnya ketidakrukunan warga karena beda pilihan akan membawa dampak kerugian yang besar bagi Indonesia.

Baca Juga

“Kita bersatu saja belum tentu bisa mengatasi persaingan global, tantangan besar, perang dagang, radikalisme, terorisme. Apalagi kita tidak rukun dan tidak bersatu,” tandas Jokowi.