Nasional

Jokowi Anugerahi Gelar Pahlawan Nasional bagi Enam Tokoh

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Presiden Jokowi akan menganugerahi gelar pahlawan nasional kepada enam tokoh pada Kamis (8/11) di Istana Negara, Jakarta.

“Alhamdulillah, Pak Jokowi tahun ini sudah menetapkan enam calon Pahlawan Nasional yang akan diberikan gelar oleh beliau besok,” kata Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita dikutip dari CNN, Rabu (7/11).

Agus tak menyebutkan keenam tokoh yang bakal menyandang gelar pahlawan nasional tersebut. Ia mengatakan enam tokoh itu berasal dari Jawa Tengah, Bangka Belitung, Banjarmasin, Yogyakarta, Banten, dan Sulawesi Barat.

Agus mengatakan tahun ini tak ada calon pahlawan nasional yang berasal dari Jawa Timur. Ia menyebut di provinsi ini sudah banyak tokoh yang dinobatkan sebagai Pahlawan Nasional.

“Jawa Timur ada enggak ya? Karena saya pikir, pahlawan nasional dari Jawa Timur itu sudah banyak, jadi belum ada,” kata Agus.

Menurut dia, penetapan enam calon pahlawan nasional tahun ini adalah jumlah terbanyak yang pernah dilakukan pemerintah selama beberapa tahun terakhir.

“Biasanya, tahun lalu hanya empat orang saja. Tahun sebelumnya kurang dari empat orang. Tapi, Pak Jokowi tahun ini sudah menetapkan enam calon,” ucapnya.

Sesuai agenda, upacara penganugerahan gelar pahlawan nasional akan diadakan pada pukul 13.00 WIB di Istana Negara.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close