Nasional

Jokowi Akan Resmikan 5 Ruas Tol Trans Jawa Sepanjang 191,34 Km

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan meresmikan lima ruas tol yang masuk ke dalam jaringan Tol Trans Jawa, pekan ini. Dengan pengoperasian ini, maka dari Merak sampai Pasuruan akan tersambung tanpa putus dengan jalan tol.

Direktur Operasional II PT Jasa Marga (Persero) Tbk Subakti Syukur mengatakan, peresmian rencananya akan dilaksanakan pada 20 Desember 2018 atau sebelum perayaan Natal. Hal itu diharapkan agar jalan tol tersebut dapat dimanfaatkan oleh masyarakat pada musim libur Natal dan Tahun Baru 2019.

“Jadi setelah diresmikan Presiden kita buka, kalau rencana 20 setelah itu langsung kita buka 20 malamnya. Setelah upacara bersih kita buka kemungkinan langsung malamnya,” kata Subakti di kantornya, Selasa (18/12/2018).

Dari kelima ruas yang akan diresmikan, empat di antaranya yaitu milik Jasa Marga yaitu Tol Batang-Semarang sepanjang 75 kilometer, dan Tol Semarang-Solo Seksi 4-5 Salatiga-Kartasura sepanjang 32,54 kilometer.

Berikutnya, Tol Ngawi-Kertosono Seksi IV Wilangan-Kertosono sepanjang 37 kilometer, dan Tol Gempol-Pasuruan Seksi 3 Pasuruan Grati sepanjang 13,6 kilometer. Adapun ruas lain yang akan dioperasikan yakni Tol Pemalang-Batang sepanjang 33,2 kilometer milik PT Waskita Karya.

Bila diakumulasikan kelima ruas tol tersebut panjangnya mencapai 191,34 kilometer. Setelah diresmikan, jalan tol tersebut akan dibuka secara gratis hingga nantinya terbit surat keputusan tarif dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Selain peresmian, selama libur Natal dan Tahun Baru, Jasa Marga juga akan membuka sementara atau fungsional beberapa ruas tol mereka, yaitu Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi Seksi 7 Sei Rampah-Tebing Tinggi sepanjang 7,65 kilometer, dan Jalan Tol Manado-Bitung Segmen Sukur-Danuwudu (Manembo-nembo) sepanjang 16 kilometer.

KOMENTAR
Tags
Show More
Close