Jokowi Ajak Masyarakat Biasakan Jalan Kaki

Jokowi Ajak Masyarakat Biasakan Jalan Kaki

BOGOR, SENAYANPOST.com – Presiden Jokowi mengajak masyarakat untuk membiasakan jalan kaki. Jokowi menyoroti rutinitas jalan kaki itu sudah jarang dilakukan, padahal jalan kaki baik untuk kesehatan.

Hal itu disampaikan Jokowi saat peluncuran gerakan #JalanTerusIndonesia di Istana Bogor, Sabtu (4/8). Jokowi menyebut, untuk parkir di mal saja banyak masyarakat yang mencari di dekat pintu masuk. Kebiasaan dan perilaku tersebut dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

“Saya membaca sebuah berita bahwa masyarakat kita malas kalau berjalan agak jauh. Agak dekat saja malas apalagi agak jauh. Ke mal cari parkir paling dekat dengan pintu. Mau ke mana saja. Ingin jalan sependek mungkin padahal kita mau sehat semuanya,” ujar Jokowi.

Ia mengaku dulu sering joging pada pagi hari. Namun, ia sesekali jalan siang agar tidak monoton dan hasilnya sangat baik.

“Saya kalau ke daerah ya isinya jalan saja. Banyak jalan kakinya. Entah kalau itu masuk desa, masuk pesawat tepi pantai, ya jalan itu menyehatkan. Jalan itu enak. Saya itu kalau dulu jogging pagi. Tadi ada yang bisikin saya. Pak jangan pagi saja, jangan monoton. Jam 12.00, Jam 13.00. Jalan cepat siang hari saya coba enak sekali. Ujung atas sampai bawah enak sekali keringatnya keluar,” kata Jokowi.

Baca Juga

“Ada trotoar yang bagus, ada tempat perbelanjaan yang bagus, jangan parkir jalan semeter, dua meter. Kapan kita akan sehat. Ini yang akan kita gaungkan setelah Asian Games ini. Kita akan kumandangkan terus jalan sehat untuk masyarakat kita semuanya,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, Jokowi kembali menekankan target yang mesti dicapai para atlet pada Asian Games 2018. Jokowi ingin Indonesia peringkat kedelapan.

“Saya minta delapan (besar) bukan sepuluh besar. Kita ini bangsa besar, kalau 10 besar saja enggak masuk mau ditaruh di mana muka kita,” katanya.

Asian Games 2018 akan berlangsung di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus-2 September 2018. Puluhan cabang olahraga akan dipertandingkan dalam pesta olahraga yang diikuti 45 negara se-Asia itu.

Hari ini, Jokowi mengajak sejumlah pegiat media sosial bersantai di belakang Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. Dalam kesempatan itu, Jokowi mengajak pegiat medsos membantu menggelorakan Asian Games. (MU)