Joe Biden Tunjuk Ron Klain Sebagai Kepala Staf Gedung Putih

Joe Biden Tunjuk Ron Klain Sebagai Kepala Staf Gedung Putih
Joe Biden Tunjuk Ron Klain

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Presiden Amerika Serikat terpilih, Joe Biden pada Rabu (11/11) menunjuk pejabat tinggi Demokrat Ron Klain sebagai Kepala Staf Gedung Putih.

Ron Klain merupakan penasihat lama yang juga sebagai orang kepercayaan Biden. Klain pertama kali bekerja untuk Demokrat pada 1989 ketika Biden menjadi senator AS.

Klain menjadi Ketua Satgas Ebola ketika wabah terjadi di tahun 2014. Saat itu, Biden menjabat sebagai wakil presiden. Hal ini lah yang menjadi pertimbangan Joe Biden untuk menjadikannya Kepala Staf Kepresidenan di tengah upaya untuk menangani pandemi virus corona.

“Klain sangat penting bagi saya selama bertahun-tahun kami bekerja sama, termasuk saat kami menyelamatkan ekonomi Amerika dari salah satu penurunan terburuk dalam sejarah kami pada tahun 2009 dan kemudian mengatasi keadaan darurat kesehatan masyarakat yang menakutkan pada tahun 2014,” kata Biden dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari Reuters.

Sementara itu, Klain mengatakan dalam sebuah pernyataan: “Merupakan kehormatan untuk melayani Presiden terpilih Biden dalam peran ini, dan saya tersanjung oleh kepercayaannya. Saya berharap dapat membantunya dan Wakil Presiden terpilih mengumpulkan tim yang berbakat dan beragam untuk bekerja di Gedung Putih."

Selama kampanye, Klain kerap muncul mengkritisi penanganan pandemi virus corona oleh Presiden Trump.

"Tanggapan pemerintah Trump terhadap krisis ini jelas telah gagal," kata Klain dalam video kampanye yang menyerang tanggapan Trump terhadap virus corona yang dirilis pada Juli, seperti dikutip dari CNN.

"Donald Trump telah mengibarkan bendera putih dalam perang melawan virus corona," lanjutnya.