Joe Biden Diprediksi Pilih Perempuan Sebagai Menteri Pertahanan

Joe Biden Diprediksi Pilih Perempuan Sebagai Menteri Pertahanan
Joe Biden

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Presiden Amerika Serikat terpilih, Joe Biden, diprediksi akan menunjuk Michele Flournoy sebagai Menteri Pertahanan. Bila hal ini terwujid, Flournoy bakal menjadi perempuan pertama yang menjadi pemimpin Pentagon.

Michele Flournoy bukan wajah asing di Kementerian Pertahanan AS. Dia beberapa telah bertugas di sana sejak 1990-an dan pernah menjabat sebagai wakil menteri pertahanan untuk kebijakan dari 2009 hingga 2012.

Seperti dikutip dari The Hindu, Ahad, 15 November 2020, para pejabat AS menilai Flournoy sosok yang memiliki pandangan politik moderat. Sebabnya dia dianggap pilihan utama untuk posisi itu. "Namanya muncul lebih awal sebagai pelopor Kabinet Biden," kata para pejabat yang enggan disebutkan namanya itu.

Kepemimpinan di Pentagon menjadi sorotan di bawah pemerintahan Presiden Donald Trump. Pasalnya dalam empat tahun ini terjadi lima kali pergantian pucuk pimpinan.

Bila kabar pencalonan Flournoy ini terwujud, ia akan terlibat dalam sejumlah agenda penting seperti penyusutan anggaran Pentagon dan potensi keterlibatan militer dalam mendistribusikan vaksin Covid-19.

Partai Demokrat, partai asal Joe Biden, sudah lama ingin menempatkan perempuan sebagai petinggi di Pentagon. Flournoy bahkan menjadi kandidat calon menteri yang disiapkan Hillary Clinton andai dia memenangkan pemilu 2016.

Selain Flournoy, kandidat menteri pertahanan lainnya adalah mantan kepala Departemen Keamanan Dalam Negeri, Jeh Johnson. Namun Joe Biden diprediksi akan memilih Flournoy lantaran ia berjanji akan membentuk kabinet yang penuh keragaman.