Joe Biden Diperkirakan Menang Pemilu AS, Kantongi 290 Suara Elektoral

Joe Biden Diperkirakan Menang Pemilu AS, Kantongi 290 Suara Elektoral

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Calon presiden dari Partai Demokrat Joe Biden masih unggul jelang Pemilu Amerika Serikat. Joe Biden unggul dalam jajak pendapat yang digelar CNN. 

Dalam Prediksi electoral college yang dirilis CNN, Biden diprediksi dapat melewati ambang batas 270 suara elektoral yang dibutuhkan untuk memenangkan pemilu pada 3 November 2020 mendatang. 

Biden hampir dipastikan mendapat 203 suara elektoral dari negara bagian Blue States. Blue States merupakan istilah bagi Negara Bagian yang di hampir setiap pemilu AS dimenangkan oleh Partai Demokrat. 

Selain 203 suara itu, Biden diprediksi akan mendapat 87 suara elektoral dari negara-negara bagian lainnya yang belum menentukan pilihannya. Total suara yang diperkirakan akan direbut Biden sebanyak 290 suara elektoral. 

Sementara capres petahana dari Partai Republik, Donald Trump, diprediksi CNN hanya memperoleh 163 suara elektoral. Suara itu paling banyak diperoleh dari Trump dari Red States atau negara bagian yang hampir pasti memberikan dukungan kepada Partai Republik. 

Donald Trump diperkirakan akan kehilangan suara di berbagai wilayah purple states atau negara bagian yang pemenang pemilu sulit diterka. 

Kekalahan Trump diperkirakan disebabkan beberapa hal. Salah satunya infeksi corona yang dideritanya. 

Infeksi corona membuat Trump tidak bisa memaksimalkan kampanye jelang pemilu. Tim kampanye Trump diketahui telah membatalkan atau menunda jadwal kampanye.