Film

JK Rowling Dicap Rasis Gegara Munculkan Tokoh Nagini

HOLLYWOOD, SENAYANPOST.com – Belum terjawab persoalan alasan pemilihan tokoh dan sejarah lengkap Nagini, untuk film Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald, sang penulis cerita JK Rowling kini banyak mendapat kritikan pedas.

Rowling kembali diserbu warganet karena dianggap rasis. Dilansir Bustle, kehadiran Nagini yang ternyata berjenis kelamin perempuan, dengan karakter antagonis, dan diperankan aktris berdarah Asia dianggap meletakkan kedudukan orang Asia di bawah white man atau dalam hal ini, Lord Voldemort.

Hal ini diungkapkan oleh Ellen Oh, penulis serial buku Prophecy sekaligus ketua dari gerakan “We Need Diverse Books”.

BACA JUGA: JK Rowling Sebut Tokoh Nagini Berasal dari Mitologi Indonesia

“Aku merasa, ini (kemunculan Nagini) adalah masalah ketika orang kulit putih ingin melakukan diversifikasi dan tidak benar-benar meminta bukti untuk melakukannya. Mereka tidak membuat hubungan antara pembuatan Nagini seorang wanita Asia yang nantinya menjadi hewan peliharaan orang kulit putih. Jadi, aku akan mengatakan itu rasis,” cuit-nya.

Faktanya dalam 7 seri buku Harry Potter, peran Nagini justru tak terlalu banyak dituturkan JK Rowling. Satu-satunya cerita yang Rowling tampilkan hanya menyebutkan bahwa ular tersebut peliharaan kesayangan Voldemort, dan jadi Horcrux, atau penyimpan nyawa dari si Penguasa Kegelapan tersebut.

Kehebohan tentang peran Nagini ternyata tidak hanya di luar negeri, di Indonesia aktris Acha Septriasa sempat ditawarkan peran tersebut. Tepatnya pada 10 April 2018, Acha mengunggah video pikniknya ke wahana Harry Potter di Hollywood.

Dalam keterangan video di Instagram, Acha menuliskan pernah mendapat tawaran audisi dari London untuk proyek rahasia bernama Voltaire. Untuk audisi, dia akan membaca peran sebagai Natalie yang berdialog dengan Charles di sebuah atap kota Paris.

Kendati telah ikut audisi, pada akhirnya Acha memilih untuk tidak melanjutkan karena sedang hamil 7 bulan.

“Kesempatan itu terlewat dengan datangnya Brie ke dalam hidupku. Semoga mimpi itu akan datang kembali suatu saat nanti, datang dari seluk beluk rahasia-Nya, yang menyapa lewat keajaiban-keajaiban,” lanjut Acha.

KOMENTAR
Tags
Show More
Close