JK Jadi Jemaah Umrah Pertama dari Luar Arab Saudi

JK Jadi Jemaah Umrah Pertama dari Luar Arab Saudi
Jusuf Kalla melaksanakan ibadah umrah

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Wapres ke-10 dan 12 Jusuf Kalla mendapat kehormatan dari Sekjen Liga Dunia Islam Syaikh Muh Abdul Karim Al-Isa untuk melaksanakan ibadah umrah pada Minggu (25/10) kemarin. 

JK melaksanakan umrah didampingi mantan Wakapolri, Syafruddin selaku Ketua Yayasan Museum Sejarah Rasulullah SAW dan Peradaban Islam beserta rombongan.  

JK dan rombongan merupakan orang pertama berasal dari luar Arab Saudi yang dapat melaksanakan ibadah umrah usai ditutup pada akhir Februari 2020 lalu akibat pandemi virus corona (Covid-19).

Di depan Kakbah, JK berdoa kepada Allah SWT agar pandemi virus corona di seluruh dunia segera berakhir.  Ia juga berdoa secara khusus untuk bangsa Indonesia selalu dalam lindungan Allah SWT dan dijauhkan dari virus corona. Pada kesmepatan itu, JK juga berkesempatan melaksanakan ibadah salat magrib dan isya berjamaah dan berdoa di depan Kakbah.

Anggota rombongan, Anizar Masyhadi menyatakan mekanisme ibadah umrah yang diterapkan otoritas Saudi di tengah pandemi tergolong sangat ketat.

Ia mencontohkan bahwa seluruh delegasi wajib menyerahkan hasil tes swap PCR, hingga pelaksanaan thawaf dan sai wajib menggunakan masker dan menjaga jarak.

"Mekanisme umrah ini sangat ketat, proses masuk ke Saudi Arabia dengan protokol kesehatan," kata Anizar.

Menurut rencana, JK akan akan terbang ke Madinah  pada Senin (26/10) ini untuk melakukan ziarah ke makam Nabi Muhammad SAW di Masjid Nabawi.

Sebelum ke Riyadh dan Mekkah, JK sempat melakukan pertemuan dengan Pemimpin Takhta Suci Vatikan, Paus Fransiskus di Private Library Paus, St. Peter Basilica Vatikan. JK bersama 5 orang anggota Dewan Juri Zayed Award for Human Fraternity beberapa hari lalu.

Jusuf Kalla dan Syafruddin juga sempat melaksanakan Penandatangan Perjanjian Kerjasama Pendirian dan Pembangunan Pameran dan Museum Internasional Sejarah Nabi Muhammad SAW dan Peradaban Islam di Indonesia dengan Liga Dunia Islam di Riyadh, Ibukota Kerajaan Saudi Arabia pada Sabtu (24/10).