Metropolitan

Jika Angka Corona Terus Naik, Anies: PSBB Jakarta Bisa Diperpanjang

JAKARTA, SENAYANPOST.com — Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di kawasan ibu kota bisa diperpanjang lagi setelah berakhir pada 4 Juni mendatang.

Potensi perpanjangan PSBB tersebut, akan terjadi andai angka positif virus corona (Covid-19) di wilayah Ibu Kota RI itu terus meningkat.

“Sebaliknya, bila kasus tidak meningkat, maka transisi new normal bisa dilakukan setelah PSBB berakhir,” kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang disiarkan di media sosial BNPB, Senin (25/5/2020).

Anies menambahkan, perpanjangan (PSBB) ini adalah masa menentukan. Karena bila di hari-hari ini penularan di Jakarta menurun, angka kasus baru menurun, kemudian yang biasa digunakan oleh para ahli epidemiologi yang disebut dengan reproduction number, angkanya sekarang di Jakarta sekitar 1, bisa turun di bawah 1, maka sesudah 4 (Juni) kita bisa melakukan transisi menuju normal baru.

“Tetapi, bila hari-hari ke depan angkanya meningkat, karena kita mulai bebas, mulai bepergian, tidak disiplin menggunakan masker, tidak disiplin cuci tangan maka ada potensi kita harus memperpanjang (PSBB),” sambungnya.

Anies mengatakan andai PSBB terpaksa diperpanjang lagi karena kasus meningkat, maka proses pencegahan pandemi corona bukan tidak mungkin harus dilakukan dari awal lagi. Bahkan, tegasnya, lebih ketat sebelum PSBB dilakukan di DKI Jakarta.

“Bukan tidak mungkin kita akan mengulang proses yang kita kerjakan kemarin ini, yang sudah kita kerjakan di Jakarta,” ucapnya.

Untuk itu, Anies meminta masyarakat ibu kota agar bisa tetap disipilin menjalankan ketentuan PSBB selama masa pandemi corona. Salah satunya agar tidak keluar rumah bila tidak dalam kondisi mendesak.

Sementara untuk pekerja, hanya dibolehkan untuk sektor-sektor industri tertentu. Misalnya, kesehatan, pangan, energi, komunikasi, keuangan, logistik, konstruksi, dan perhotelan. (Jo)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close