Jerat Pidana terhadap Penjual Emas yang Curang

05:00
189

Selamat Pagi Pengasuh Konsultasi Hukum Senayan Post.

Saya membeli emas berbentuk perhiasan kalung di sebuah toko sebanyak 2 (dua) suku atau setara dengan 13,4 gram. Pada saat pembelian emas tersebut tidak ditimbang terlebih dahulu hanya dibuktikan dengan surat pembelian dari toko tersebut.

Selang satu minggu kemudian dikarenakan keperluan yang sangat mendadak saya menjual kembali emas tersebut di toko yang sama, namun saya terkejut ternyata setelah ditimbang berat kalung emas saya hanya 12 gram.

Dikarenakan adanya selisih timbangan tersebut saya tidak mau menerima dan meminta agar pemilik toko membeli kalung emas tersebut seseuai dengan berat yang tertera dalam surat pembelian.

Tetapi pemilik toko berkeras tidak mau dengan alasan yang tidak masuk akal, pemilik toko berdalih “bisa saja kalung emas tersebut telah menyusut”, padahal saya membelinya baru seminggu.

Sangat tidak mungkin dapat menyusut sebanyak itu dan bahkan kalung emas itu belum pernah dipakai, akhirnya saya tidak jadi menjual, oleh karena saya sangat merasa dirugikan.

Langkah hukum apa yang dapat saya tempuh atas perbuatan curang penjual emas tersebut?

Terima kasih.
Yudha, Pagaralam Sumsel.

Jawaban :

Menjawab pertanyaan anda mengenai adanya kurang timbangan dalam jual beli emas yang saudara lakukan. Menganalisa cerita sudara yang membeli emas sebanyak 2 suku atau 13,4 gram dan ternyata setelah ditimbang lagi beratnya hanya 12 gram, dengan demikian saudara telah dirugikan sebanyak 1,4 gram emas padahal pembelian tersebut dibuktikan dengan surat pembelian yang dikeluarkan oleh toko, dalih toko yang menyatakan “bisa saja emas menyusut”, memang sulit diterima dikarenakan transaksi jual beli dilakukan baru seminggu atau baru tujuh hari apalagi kalung emas tersebut belum pernah dipakai.

Sebagai konsumen, saudara mempunyai hak atas informasi yang benar, jelas, dan jujur mengenai kondisi dan jaminan barang dan atau jasa dan berhak untuk mendapatkan kompensasi, ganti rugi dan atau penggantian, apabila barang dan/atau jasa yang diterima tidak sesuai dengan perjanjian atau tidak sebagaimana mestinya.

Comments

comments