Internasional

Jepang Target Mobil Terbang Siap Mengudara Akhir 2019

TOKYO, SENAYANPOST.com – Apa yang mungkin dulu dianggap sebagai mimpi, pelan-pelan mulai akan menjadi kenyataan. Mobil terbang adalah salah satu yang dulu hanya dalam khayalan, kini mobil itu sudah mulai dikembangkan.

Pada Rabu (29/8), pemerintah Jepang bersama sektor swasta negeri itu meluncurkan inisiatif untuk mengembangkan kendaraan masa depan ini.

Inisiatif ini bertujuan untuk menciptakan peta jalan pada akhir tahun ini untuk mematangkan sebuah konsep mobil terbang yang sejauh ini masih dalam batasan teori.

Pemerintah Jepang bekerja sama dengan an Airbus selain berbagai perusahaan Jepang seperti All Nippon Airways, Japan Airlines, NEC dan Toyota dengan proyek Cartivator-nya.

“Mobil terbang diharapkan bisa mengatasi masalah transportasi di pulau-pulau terpencil atau daerah pegunungan, untuk operasi SAR, dan mengirim bantuan ke daerah bencana,” kata Menteri Perdagangan Jepang Shinji Tokumasu.

“Kami menggelar pertemuan dengan swasta untuk menciptakan sebuah industri baru yang menguntungkan di pasar dunia,” tambah Tokumasu.

Di Jepang, sekelompok teknisi yang bekerja dengan proyek Cartivator sudah mengembangkan mobil beroda tiga yang menggunakan teknologi drone untuk terbang.

Toyota dan perusahaan afiliasinya telah menginvestasikan dana sebesar 42,5 juta yen atau sekitar Rp5,6 miliar untuk proyek mobil terbang ini.

Cartivator berharap sudah bisa meluncurkan prototipe mobil terbang yang dikemudikan manusia pada akhir 2019 sehingga bisa digunakan untuk menyalakan obor Olimpiade Tokyo 2020.

Mobil terbang yang dinamai SkyDrive itu akan dilengkapi empat baling-baling. Sementara tubuh mobil itu ganya berukuran panjang 2,9 meter dan lebar 1,3 meter.

Namun, Jepang tak sendirian dalam mengembangkan ide mobil terbang ini.

Perusahaan-perusahaan besar seperti Uber, Google dengan proyek Kitty Hawk Lilium Aviaton di Jerman, Safran di Perancis, dan Honeywell di AS bisa menjadi pesaing Jepang.

Bulan lalu, perusahanaan pembuat mesin asal Inggris, Rolls-Royce mengungkap rencana untuk mengembangkan sebuah kendaraan hybrid yang disebut “taksi terbang”.

Sementara,pada Juni lalu proyek Kitty Hawk melakukan uji terbang bagi mereka yang berminat membeli mobil terbang. (WW)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close