Internasional

Jepang Bakal Akui Ainu Sebagai Penduduk Asli

TOKYO, SENAYANPOST.com – Jepang akhirnya akan mengakui etnis Ainu sebagai penduduk asli. Pengakuan itu termaktub dalam rancangan undang-undang yang diajukan pada Jumat (15/3/2019).

Etnis Ainu adalah kelompok minoritas yang sebagian besar inggal di Hokkaido. Kelompok ini telah lama menderita karena kebijakan asimilasi paksa.

Meski saat ini diskriminasi terhadap Ainu berkurang, kesenjangan pendidikan dan pendapatan masih terjadi. Selain mencakup pengakuan terhadap Ainu untuk pertama kalinya, RUU yang diajukan juga mengatur kebijakan untuk kesejahteraan Ainu.

“Penting untuk menjaga dan menghormati martabat warga Ainu dan agar generasi mendatang dapat menyadari keragaman dan nilai perbedaan,” kata Suga seperti dikutip dari AFP, Jumat (15/2).

“Kabinet telah memutuskan membuat rancangan undang-undang untuk dijadikan kebijakan melestarikan kebanggaan masyarakat Ainu,” sambung dia.

Dalam RUU terbaru ini, pemerintah akan menerapkan kebijakan yang isinya menciptakan langkah mendukung masyarakat Ainu dan meningkatkan perekonomian serta pariwisata lokal.

Ainu telah lama menderita penindasan dan eksploitasi oleh pemerintahan Jepang modern sejak abad 19. Pemerintah melarang mereka menggunakan bahasa lokal dan mempraktikkan adat.

Secara tradisional, Ainu adalah penganut animisme. Ciri-ciri etnis ini, setiap pria berjanggut dan perempuan menato wajahnya sebelum menikah.

Pada 2017 lalu, populasi Ainu sekitar 12.300 orang. Angka ini diperkirakan tidak tepat, sebab banyak warga Ainu menyembunyikan identitas aslinya. (WW)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close