Lintas Daerah

Jepang akan Pasang Radar Tsunami di Parangtritis

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com –Guna mendeteksi terjadinya tsunami, Jepang akan menguji coba radar deteksi tsunami di Pantai Parangtritis, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kepala BPBD Kabupaten Bantul, Dwi Dryanto, di Yogyakarta, Rabu (13/2/2019) mengatakan, radar yang akan dipasang itu merupakan prototype yang saat ini sedang dikembangkan oleh para pakar tsunami di Jepang.

“Ini baru uji coba dan prototype. Selain Bantul radar sejenis juga dipasang di Purworejo, Jawa Tengah,” kata Dwi.

Dwimengatakan, radar tsunami bantuan Pemerintah Jepang itu rencana akan dipasang di sebelah barat Pos SAR (pencarian dan penyelamatan) Pantai Parangtritis.

“Mudah-mudahannanti (pemasangan radar tsunami) berhasil, rencana nanti sekitar Mei-Juni dipasang alat radar tsunami itu,” katanya.

Dikatakan, radar tsunami di pantai selatan Bantul direalisasikan, maka setidaknya di tepi pantai sepanjang sekitar 110 meter ada 10 antena, termasuk ada beberapa peralatan dan komponen pendukung operasional alat tersebut.

Dengan alat itu, lanjutnya, ketika ada rambatan air yang diakibatkan gelombang pasang atau tsunami itu akan kirim sinyal ke BMKG, kemudian dari BMKG akan menyampaikan informasi ke BPBD kalau ada penjalaran gelombang tsunami.

Menurut dia, radar tersebut punya teknologi yang bisa mendeteksi gelombang hingga jarak 100 kilometer ke arah laut. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close