Lintas Daerah

Jemaah Tarekat Naqsabandiyah Padang Rayakan Idul Fitri Esok

PADANG, SENAYANPOST.com – Jemaah Tarekat Naqsabandiyah di Padang, Sumatera Barat akan merayakan Idul Fitri 1 Syawal 1440 H pada Senin (3/6/2019).

Minggu (2/6/2019) malam ini, para jemaah Tarekat Naqsabandiyah melaksanakan takbiran.

Jamaah tarekat Naqsabandiyah Kota Padang hingga Minggu ini, telah menyelesaikan ibadah puasa Ramadan 1440 H selama sebulan alias 30 hari.

Sebelumnya, para jemaat Tarekat Naqsabandiyah mulai menjalankan ibadah puasa mulai Sabtu, 4 Mei 2019 lalu.

Saat ditemui oleh TribunPadang.com di Mushalla Baitul Makmur, Padang, suasana rumah ibadah itu dalam keadaan sepi.

Hanya terlihat beberapa orang yang masih berada di sana, karena baru saja selesai Salat Ashar.

“Kami nanti setelah selesai menunaikan ibadah Salat Isya akan melaksanakan Takbiran bersama jemaah lainnya,” kata Imam Mushalla Baitul Makmur, Syafri Malin Mudo, dikutip dari Tribunpadang, Minggu (2/6/2019).

Sebelumnya, jemaah tarekat Naqsabandiyah mulai melakukan Salat Tarawih pada Jumat 3 Mei 2019 dan mulai berpuasa pada Sabtu 4 Mei 2019.

“Kami melaksanakan empat rakaat shalat Isya, 15 rakaat shalat sunah taraweh dan ditutup dengan tiga rakaat Salat Witir sebagai penutup Salat sunah,” sambung Syafri Malin Mudo.

Syafri Malin Mudo mengatakan, penentuan tanggal satu Ramadan telah dihitung semenjak Bulan Rajab lalu.

Sementara untuk pelaksanaan puasa, lanjut Syafri Malin Mudo, jemaah Naqsabandiyah tetap melakukan selama 30 hari ke depan menjelang perayaan lebaran Idul Fitri 1 Syawal 1440 H.

“Dan, jamaahnya tidak hanya dari Kota Padang dan sekitarnya saja. Namun, juga datang dari luar kota seperti Solok, Pesisir, dan lainnya,” kata Syafri Malin Mudo.

Syafri Malin Mudo menjelaskan bahwa metode yang digunakan dalam penghitungan yaitu menggunakan Hisab dan Rukyat. Hisab adalah penghitungan, dan Rukyat artinya bulan.

Seperti diketahui Jamaah Tarekat Naqsabandiyah di Padang, Sumatera Barat mulai menjalankan ibadah puasa mulai 4 Mei 2019 lalu.

Ibadah puasa jemaah Tarekat Naqsabandiyah Sabtu pagi di antaranya diisi dengan menjalankan tradisi suluk selain menjalankan shalat sunah tradisi suluk.

Utamanya, dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah SWT, yang diisi oleh jamaah Tarekat Naqsabandiyah yakni mengaji dan berzikir.

Terpisah, Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin memprediksi Idul Fitri tahun 2019 diprediksi akan serempak jatuh pada 5 Juni 2019.

Kementerian Agama baru akan melakukan rukyatul hilal pada Senin, 3 Juni 2019. Namun Thomas memprediksi hilal esok hari tidak akan tampak.

“Sebab, posisi hilal masih minus atau di bawah ufuk. Dengan demikian, jumlah hari pada bulan puasa tahun ini digenapkan atau istikmal menjadi 30 hari dan Idul Fitri¬†jatuh pada Rabu, 5 Juni,” katanya.

Meski demikian, Thomas meminta masyarakat tetap tetap harus menunggu hasil sidang isbat yang digelar Kemenag. (MU)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close