Lintas Daerah

Jelang Salat Jumat, Masjid-masjid di Bukittinggi Disterilisasi

BUKITTINGGI, SENAYANPOST.com – Masjid-masjid di Bukittinggi mulai Jumat (29/5) besok sudah dibuka dan salat Jumat boleh digelar.

Sebagai persiapan gelaran salat Jumat, menurut Wali Kota Bukittinggi Ramlan Nurmatias, masjid-masjid di wilayahnya disterilisasi pada Kamis (28/5/2020) hari ini. S

terilisasi dilakukan dengan menyemprotkan desinfektan agar jamaah terhindar dari virus corona (Covid-19).

“Untuk mendukung aktivitas kembali di masjid, pemkot mulai Kamis siang melakukan penyemprotan disinfektan di semua masjid,” ujarnya, Kamis.

Ramlan menambahkan dibukanya kembali masjid di wilayahnya merupakan kebijakan melonggarkan aktivitas masyarakat setelah pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sekaligus menyongsong tatanan hidup baru (new normal).

Lebih lanjut Ramlan menegaskan bagi warga yang akan beraktivitas di masjid agar tetap memakai masker, baik saat di luar maupun di dalam masjid. Selain jamaah juga diwajibkan membawa sajadah sendiri, berwudhu dari rumah, dan menjaga jarak di dalam masjid.

“Sementara bagi petugas masjid, sirkulasi udara harus lancar, mimbar digeser ke belakang, dan mempersingkat khotbah. Bagi ustadz sendiri diharapkan juga memakai masker saat memberikan ceramah,” tuturnya. (Jo)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close