Politik

Jelang Pilwalkot Bandung, Ribuan Surat Suara Dilaporkan Rusak

BANDUNG, SENAYANPOST.com – Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung, Jawa Barat, yang tinggal sedikit lagi dilaksanakan diwarnai dengan rusaknya 6.969 surat suara dari total 1.702.683 surat.

“Jumlah surat suara rusak ini diketahui setelah dilakukan penyortiran surat suara dari semua surat suara yang diterima untuk Pilwalkot Kota Bandung,” kata anggota Divisi Keuangan, Umum, dan Logistik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung Akhmad Rozikin di Bandung, Rabu (20/6/2018).

Kerusakan yang dialami surat suara tersebut beragam, mulai dari adanya bercak, gradasi warna yang pudar, surat suara kotor, dan terlipat tidak sempurna.

Tapi, dalam tempo dua hari setelah pengajuan penggantian, seluruh surat suara yang rusak tersebut langsung diganti.

Cepatnya penggantian surat suara, menurut Rozikin, disebabkan oleh pengadaan surat suara yang berada langsung pada kewenangan KPU Kota Bandung.

“Sudah diganti sudah dibawa ke sini (KPU Kota Bandung). Kalau untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat belum,” katanya.

Ia menyebutkan surat suara rusak untuk Pilgub Jabar di Kota Bandung sebanyak 2.775 surat suara. Namun, hingga saat ini belum menerima penggantian. (MU)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close