Jelang Pensiun, Idham Azis Mutasi 626 Personel Polri

Jelang Pensiun, Idham Azis Mutasi 626 Personel Polri

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Kapolri Jenderal Idham Azis merombak jabatan secara besar-besaran beberapa bulan sebelum dirinya pensiun pada awal 2021 mendatang.

Idham merotasi 626 personel Polri melalui sembilan surat telegram (ST) yang diterbitkan pada Senin (16/11) lalu dan ditandatangani oleh As SDM Kapolri Irjen Pol Sutrisno Yudi Hermawan.

"Iya betul (penerbitan telegram), TR rutin. Ada sembilan ST, sebagai penyegaran organisasi baik tour of duty maupun tour of area," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri Brigadir Jenderal Awi Setiyono dilansir CNN Indonesia Selasa (17/11/2020).

Telegram itu diterbitkan dalam nomor ST/3228/XI/KEP./2020 hingga ST/3236/XI/KEP./2020. 

Beberapa sosok yang terkena rotasi ialah Komisaris Jenderal Antam Novambar yang ditarik sebagai pati Bareskrim Polri usai bertugas di Kementerian Kelautan dan Perikanan sebagai Sekretaris Jenderal.

Kemudian, Kapolri juga menunjuk Brigjen Andi Rian yang sebelumnya bertugas sebelum Karokorwas PPNS Bareskrim Polri menjadi Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri. Dia menggantikan Brigjen Ferdy Sambo yang sebelumnya naik jabatan sebagai Kadiv Propam Polri.

Selain itu, Idham menunjuk Brigjen Nanang Avianto yang sebelumnya bertugas sebagai Karopaminal Divpropam Porli, kini menjabat sebagai Kakorsabhara Baharkam Polri.

Polri juga memiliki Kepala Pusat Laborantorium Forensik (Kapuslabfor) Bareskrim baru yang dijabat oleh Kombes Agus Budhiarta. Dia menggantikan Brigjen Ahmad Haydar yang diangkat dalam jabatan baru sebagai Widyaiswara Kepolisian Utama TK. I Sespim Lemdiklat Polri.

Di wilayah Metro Jaya, Kapolri memutasi Kapolres Metro Bekasi Kota, Kombes Pol Wijonarko. Posisinya digantikan oleh Kombes Aloysius Suprijadi.

Kemudian, Kapolres Metro Jakarta Selatan saat ini diisi oleh Kombes Aziz Andriansyah menggantikan Kombes Budi Sartono yang dirotasi ke Anjak Madya Bidang Pidnarkoba Bareskrim Polri dalam rangka Dikreg XLVIII Sesko.

Lalu, Kapolres Jakarta Barat saat ini dipercayakan kepada Kombes Ady Wibowo menggantikan Kombes Audie Latuheru yang akan Dikreg XLVIII Sesko.  Sementara Kapolres Depok akan diisi oleh Kombes Imran Edwin Siregar, setelah Aziz Andriansyah dimutasi sebagai Kapolres Jakarta Selatan.

Jenderal Pol Idham Azis akan memasuki masa purnatugas pada Januari tahun depan lantaran sudah berusia 58 tahun.

Sepanjang berkarier di kepolisian, Idham lebih banyak bergelut dalam bidang reserse. Sebelum diangkat menjadi Kapolri menggantikan Tito Karnavian, dia menjabat sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri.

Komisi III DPR RI menyetujui pencalonannya sebagai Kapolri usai uji kepatutan dan kelayakan pada Oktober 2019. Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melantiknya secara resmi sebagai Kapolri di Istana Negara pada 1 November 2019.