Jelang Demo UU Ciptaker, Polisi Pasang Kawat Berduri di Jalan Medan Merdeka Barat

Jelang Demo UU Ciptaker, Polisi Pasang Kawat Berduri di Jalan Medan Merdeka Barat
Demo UU Ciptaker

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Kepolisian memasang kawat berduri di sekitar Patung Kuda Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Jumat (16/10/2020) siang, mengantisipasi rencana aksi unjuk rasa menolak UU Cipta Kerja.

Kawat berduri dipasang di dua sisi jalur, baik jalur menuju Sudirman Thamrin maupun menuju Harmoni. Pantauan Kompas.com pukul 11.08 WIB, Jalan Medan Medeka Barat masih bisa dilalui mobil dan sepeda motor.

Kepolisian membuka satu lajur sehingga terlihat antrean kendaraan untuk melintas. Sejumlah polisi juga bersiaga di sepanjang Jalan Medan Merdeka Barat. Satu unit barracuda dan satu mobil water cannon terparkir di sisi timur Jalan Medan Medeka Barat. Sedangkan suasana jalan menuju Medan Merdeka Selatan terlihat tidak ada penyekatan maupun pemasangan kawat berduri.

Arus lalu lintas di Jalan Medan Merdeka Selatan masih lancar. Dua ambulans milik Pemprov DKI Jakarta terlihat bersiaga di sisi utara Jalan Medan Merdeka Selatan di dekat Patung Kuda.

Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) merencanakan aksi demonstrasi menolak Undang-Undang Cipta Kerja ke Istana Negara. Koordinator Pusat BEM SI, Remy Hastian mengatakan, aksi akan dilakukan pada pukul 13.00 WIB, di Istana Negara.

"Pukul 13.00 WIB di depan Istana," ucap Remy melalui pesan singkat, Kamis (15/10/2020).

Remy mengatakan, BEM SI tetap mendesak Presiden Joko Widodo untuk mengeluarkan Perppu untuk mencabut Undang-Undang (UU) Cipta Kerja yang telah disahkan. Demo besar serupa sudah dilakukan dua kali di Jakarta. Keduanya berakhir bentrokan antara massa dengan Kepolisian.

Sejumlah fasilitas umum dirusak dan dibakar.