Jeff Bezos Jual Saham Amazon Rp45 T

Jeff Bezos Jual Saham Amazon Rp45 T

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Pendiri dan CEO Amazon Jeff Bezos menjual saham Amazon senilai US$3,1 miliar atau setara Rp45 triliun (asumsi kurs Rp14.667 per dolar AS).

Dikutip dari Forbes, Bezos mengajukan penjualan tersebut ke Komisi Sekuritas dan Bursa AS. Setelah pajak, miliarder itu membawa pulang uang sekitar US$2,4 miliar.

Ini bukan kali pertama Bezos menjual saham Amazon. Pada Februari lalu, Bezos pun melakukan penjualan saham dalam jumlah cukup besar.

Saat itu, dia menjual saham Amazon senilai US$1,7 miliar.

Forbes memperkirakan kekayaan bersihnya saat ini mencapai US$188,2 miliar. Dia tetap menjadi orang terkaya di dunia.

Hingga kini, seperti dilansir CNNIndonesia, tidak jelas mengapa Bezos menjual saham tersebut. Pada 2017, pendiri Amazon menyatakan pada konferensi luar angkasa bahwa dia akan menjual saham senilai US$1 miliar setiap tahun untuk mendanai Blue Origin, perusahaan eksplorasi luar angkasa miliknya.

Selain itu, Bezos pun membuat janji US$2 miliar pada September 2018 untuk Bezos Day One Fund, yang mendukung organisasi nirlaba yang berfokus pada pemberian bantuan bagi keluarga tunawisma serta membangun jaringan nasional prasekolah yang terinspirasi Montessori.

Sejak pengumuman tersebut, Bezos telah memberikan hampir US$200 juta kepada organisasi nonprofit yang berfokus pada tunawisma.

Dia juga membuat janji akan memberikan US$10 miliar pada Februari kepada Bezos Earth Fund, yang didedikasikan untuk perubahan iklim. (Jo)