Internasional

Jatuh dari Motor, Presiden Duterte Cedera Lutut

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Presiden Rodrigo Duterte dilaporkan mengalami cedera lutut akibat jatuh dari motor saat sedang berkendara di Filipina.

Juru bicara kepresidenan Filipina, Salvador Panelo, mengatakan bahwa insiden tersebut terjadi saat Duterte hendak memarkir motornya setelah berkeliling di kompleks Istana di Malacanang pada Rabu (16/10).

“Presiden sedang berupaya memegang sepatunya dan tiba-tiba ia jatuh dari motor sehingga menyebabkan cedera ringan, semacam memar dan sedikit baret di sikut dan lutut,” ujar Panelo melalui pernyataan yang dikutip AFP, Kamis (17/10).

Kabar mengenai insiden ini pertama kali menjadi perhatian publik setelah seorang senator mantan asisten Duterte, Christophier “Bong” Go, mengatakan bahwa Presiden Filipina tersebut “kecelakaan” dan mengeluh sakit di bagian pinggul.

Ia lantas mengunggah video yang menunjukkan Duterte berpakaian formal tanpa helm mengendarai motornya di sekitar istana pada malam hari. Namun, video tersebut tidak menunjukkan momen ketika insiden terjadi.

Panelo kemudian mengonfirmasi berdasarkan keterangan dari kekasih Duterte, Cielito “Honeylet” Avancena. Menurutnya, Duterte memang cedera, tapi tidak membutuhkan perawatan serius dan “tak ada yang perlu dikhawatirkan.”

Insiden ini kembali memicu kekhawatiran publik akan kesehatan Duterte. Dikenal sebagai sosok dengan jadwal padat dan pidato yang panjang, kondisi kesehatan Duterte mulai menjadi perhatian publik setelah kerap absen dalam sejumlah kesempatan penting.

Rumor mengenai kesehatannya ini sebenarnya sudah mulai merebak sejak tahun lalu, ketika para anggota parlemen khawatir karena Duterte pernah mengaku harus mengonsumsi obat penahan rasa sakit yang biasa digunakan pengidap kanker, fentanyl. (AR)

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close