Kesehatan

Jatim Siapkan 3 RS Khusus Pasien Terjangkit Virus Korona

SURABAYA, SENAYANPOST.com – Antisipasi terhadap menularnya virus korona di Jatim, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengecek kesiapan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Surabaya dalam meningkatkan pengawasan penumpang yang berpotensi terjangkit virus korona di gerbang kedatangan Bandara Juanda, Jumat (24/1/2020).

Gubernur Jatim Khofifah memantau langsung cara kerja dua alat thermal scanner (pendeteksi suhu tubuh) yang disiagakan di pintu kedatangan internasional, baik di Terminal 1 (kedatangan haji dan umrah) maupun di Terminal 2 Bandara Juanda.

Gubernur Khofifah mengatakan, kewaspadaan ini sesuai surat edaran dari Menteri Kesehatan. Penerbangan yang cukup padat di Bandara Internasional Juanda juga harus diantisipasi dengan seksama.

Selain Tim Gerak Cepat dari KKP terus bersiaga, Pemprov Jatim telah menyiapkan ruang isolasi khusus di tiga rumah sakit, yakni RSUD Dr Soetomo Surabaya, RSUD Dr Saiful Anwar Malang, dan RSUD Dr Soedono Madiun.

Sehingga, apabila ada penumpang yang terdeteksi terjangkit virus korona maka segera dirujuk ke ruang isolasi yang disiapkan di tiga rumah sakit itu.

“Di Bandara Juanda ada ruang isolasi sementara, selanjutnya nanti dirujuk ke ruang isolasi yang disiapkan di tiga RS milik Pemprov Jatim,” kata Khofifah usai sidak.

Gubernur Jatim Khofifah juga menegaskan hingga saat ini di Jawa Timur tidak ada indikasi masuknya penyakit pneumonia akibat novel coronavirus. Kendari demikian, kewaspadaan tetap terus ditingkatkan untuk mengantisipasinya. (MU)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close