Otomotif

Jasa Marga Bakal Pasang Speed Camera di Tol Dalam Kota

JAKARTA, SENAYANPOST.com – PT Jasa Marga akan mendorong terciptanya budaya tertib melintas di jalan tol. Salah satu upayanya dengan memasang alat pendeteksi kecepatan (speed camera) di beberapa ruas jalan tol.

Dijelaskan oleh Traffic Management Department Head – PT Jasa Marga (Persero) Atika Dara Prahita, Jasa Marga saat ini sudah memasang puluhan speed camera di ruas tol tertentu dalam rangka penerapan ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement).

“Teman-teman kan sudah tau (di tol) mau dipasang ETLE. Kami sebenarnya sudah pasang 22 speed camera. Ini untuk mengidentifikasi kendaraan yang overspeed ataupun underspeed,” kata Atika, di Bekasi.

Lanjut Atika, 22 speed camera tersebut merupakan target sampai akhir tahun 2019. Dan untuk uji coba perangkat ini terlebih dahulu akan dilakukan di Jakarta.

“Sekarang sedang diuji coba, dipasang. Mungkin dalam waktu dekat itu di (tol) dalam kota (Jakarta) akan kita terapkan untuk penindakan pelanggaran kecepatan,” jelas Atika.

Bicara teknisnya, nanti speed camera atau CCTV akan memotret kendaraan yang melebihi ketentuan batas kecepatan di ruas jalan tol yang diberlakukan ETLE.

Lalu, data hasil capture atau jepretan kamera tersebut yang ada di Jasa Marga secara otomatis terintegrasi dengan database yang ada di Polda Metro Jaya.

Kemudian, hasil jepretan tersebut akan diproses lanjut oleh Polda Metro Jaya sesuai ketentuan yang berlaku.

Selain Tol Dalam Kota Jakarta, speed camera ini juga akan dipasang di ruas Tol Jakarta-Tangerang, Jakarta-Cikampek, Jagorawi, dan sebagainya.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close