Ekonomi

Jaringan Ritel Modern Menggurita, Pasar Rakyat Harus Cari Terobosan

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Pasar rakyat saat ini menghadapi tantangan yang berat seiring menjamurnya jaringan ritel modern yang menggurita hingga tingkat daerah.

Karena itu dibutuhkan terobosan yang lebih efektif dalam mengelola dan mengembangkan pasar rakyat yang dikelola koperasi.

“Diperlukan terobosan yang pas dalam penguatan kelembagaan dan pengembangan SDM pengelola dan pedagang Pasar Rakyat,” kata Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran, Kemenkop dan UKM, I Wayan Dipta, dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Senin (19/3/2018).

Karena itu, lanjutnya, pihaknya melaksanakan kegiatan pendampingan manajemen tata kelola pasar rakyat di Surakarta, pada Tanggal 14 – 16 Maret 2018.

Kegiatan ini diikuti oleh 40 peserta mewakili Dinas (SKPD) yang membidangi Koperasi dan UMKM, Koperasi Pengelola Pasar Rakyat dan perwakilan pedagang pasar rakyat yang mencakup 10 pasar rakyat yang tersebar di wilayah Provinsi Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta.

Wayan meminta komitmen dan kesungguhan Koperasi Pengelola Pasar Rakyat benar-benar mampu mengelola pasar rakyat melalui penerapan tata kelola yang amanah (good governance).

Sehingga kesan pasar rakyat yang kumuh, becek, tidak menarik mampu dirubah menjadi pasar yang penuh pesona, atraktif, serta memberikan tempat yang layak berjualan bagi pedagang dan layak belanja bagi para pembeli.

“Akhirnya pasar rakyat akan mampu menjadi kebanggaan daerah masing-masing,” katanya. (JS)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close