Lintas Daerah

Jambi Tetapkan Status Siaga Darurat Bencana Hidrometeorologi

JAMBI, SENAYANPOST.com – Sebagai salah satu bentuk upaya antisipasi dan kesiapsiagaan menghadapi bencana, Provinsi Jambi menetapkan status siaga darurat bencana hidrometeorologi dan mengaktifkan sistem Komando Penanganan Darurat Bencana (Posko Provinsi).

“Pemerintah Provinsi Jambi akan menetapkan status siaga darurat bencana dan mengaktifkan sistem Komando Penanganan Darurat Bencana,” ujar Gubernur Jambi, Fachrori Umar, saat memimpin Apel Siaga Darurat Bencana Hidrometeorologi di Wilayah Provinsi Jambi di lapangan depan kantor Gubernur Jambi, Senin (20/1/2020).

Ia mengatakan, bencana hidrometeorologi adalah bencana alam yang diakibatkan cuaca seperti banjir, angin puting beliung dan tanah longsor.

Menurutnya, paradigma penanggulangan bencana sudah dan harus berubah dari responsif ke preventif (bersifat mencegah) karena itu akan mempengaruhi hal-hal yang dilakukan dan direncanakan dalam penanggulangan bencana.

Penanggulangan bencana, kata dia, saat ini menitikberatkan penanganan sebelum terjadinya bencana. Untuk mendukung paradigma tersebut, Pemerintah Provinsi Jambi membentuk Satgas Gabungan yang melibatkan pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota, TNI, Polri, dunia usaha, unsur media, serta akademis.

“Saya berharap setiap stakeholder dapat melaksanakan aksi penguatan kesiapsiagaan dan peringatan dini, sehingga Satgas Bencana ini dapat bekerja dengan baik, efektif dan efisien, sehingga upaya pemerintah dalam hal menjaga keselamatan masyarakat dapat terwujud,” katanya menjelaskan.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close