Peristiwa

Jamaah Haji Tertua Padang Sidempuan Doakan Indonesia di Mekkah

MEDAN, SENAYANPOST.com –¬†Seorang calon jamaah haji tertua asal Kota Padang Sidempuan, Provinsi Sumatera Utara, atas nama Kartawi (105) berniat mendoakan Negara Indonesia, saat dirinya berada di Tanah Suci Mekkah, Saudi Arabia.

“Saya mendoakan Indonesia agar aman dan tenteram, serta pembangunan semakin meningkat, dan rakyat dapat hidup sejahtera,” kata Kartawi seperti dilansir Antara.

Menurut dia, keberangkatan ke Tanah Suci, selain melaksanakan ibadah haji, juga akan memanjatkan doa kepada Allah Yang Maha Kuasa, agar Indonesia, dalam keadaan aman dan tidak ada terjadi keributan.

Dengan demikian pembangunan di Indonesia dapat berjalan lancar dan tidak ada kendala.
“Saya juga berdoa dan bersyukur kepada Allah Yang Maha Besar, dalam usia yang cukup tua ini, masih bisa melaksanakan ibadah haji ke Mekkah,” katanya.

Jual Kebun Karet
Kartawi (105) seorang calon jamaah haji tertua asal Kota Padang Sidempuan, Provinsi Sumatera Utara, menjual kebun miliknya untuk berangkat melaksanakan ibadah haji ke Tanah Suci Mekkah.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Padang Sidempuan, Syafaruddin Siregar di Asrama Haji Medan, mengatakan jamaah calon haji tersebut memang sudah cukup lama berniat menunaikan ibadah haji, namun baru tahun 2019 ini bisa tercapai.

Calon Jamaah Haji (CJH) yang sudah berusia ratusan tahun itu, menurut dia, hampir lima tahun lamanya menabung dan bekerja sebagai petani.

“Bahkan, calon haji yang sudah lanjut usia (lansia) itu menjual kebun karetnya seluas satu hektare,” ujar Syafaruddin.

Ia menyebutkan, dengan menjual kebun karet itu, Kartawi juga ikut membawa isterinya Karitem yang telah berusia 140 tahun, berangkat ke Tanah Suci Mekkah.

“Jadi, pasangan suami isteri (pasutri) tersebut bersama-sama berangkat ke Mekkah,” ucap dia.

Syafaruddin menjelaskan pasutri Kartawi (105) dan Karitem (104) calon haji tertua pada kelompok terbang (Kloter) 09 Embarkasi Medan. Sedangkan, calon jamaah haji termuda atas nama Zulkifli Muda Nasution (26) asal Kota Padang Sidempuan.

Jumlah CJH dari Kota Padang Sidempuan yang berangkat ke Mekkah tercatat 376 orang, yakni 139 orang pria dan 237 orang wanita.

Satu orang wafat atas nama Fachruddin Pulungan (60) beralamat Jalan Tengku Umar Losung, Kecamatan Padang Sidempuan Selatan, sebelum memasuki Asrama Haji Medan.

Pimpinan Kloter 09 Embarkasi Medan Salman Paris Siregar Bin Baginda Sotorodom Siregar.
Rombongan JCH Kelompok Terbang (Kloter) 09 Embarkasi Medan bertolak ke Mekkah dari Bandara Internasional Kuala Namu, Kabupaten Deli Serdang, Minggu (21/7) sekira pukul 06 WIB.

KOMENTAR
Show More
Close