Jalur Putus karena Longsor, KA Jogja–Jakarta Alami Keterlambatan

Jalur Putus karena Longsor, KA Jogja–Jakarta Alami Keterlambatan
Rel kereta api

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com - PT KAI Daop 6 Yogyakarta mengubah pola perjalanan kereta api dari Yogyakarta tujuan Jakarta. Hal ini terpaksa dilakukan setelah jalur kereta api yang menghubungkan Stasiun Linggapura dengan Stasiun Bumiayu terputus akibat longsor.

Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Supriyanto, Selasa (12/1/2021) mengatakan, PT KAI menyebut terjadi Rintang Jalan yang mengganggu perjalanan KA di Lintas Daop 5 Purwokerto, tepatnya di Jembatan KA antara Stasiun Linggapura - Bumiayu.

“Gangguan tersebut,  berdampak beberapa KA harus dilakukan perubahan pola operasi,” ujarnya.

Rencana pola operasi terkait dengan adanya rintang jalan di jembatan KA di antara Stasiun Linggapura - Bumiayu tersebut adalah, dengan memutar perjalanan KA melewati stasiun Semarang - Gundih - Solo. 

Menurut dia, kereta api yang terdampak antara lain  KA Argo Lawu, relasi Gambir - Solo, terlambat 25 menit dari jadwal 05.28 WIB,  KA Gajayana, relasi Gambir-Malang, masuk Solo jam 05.48 atau mengalami keterlambatan  213 menit dari jadwal 02.54,  KA Mataram, relasi Pasarsenen- Solobalapan, masuk Solo jam 06.27 atau terlambat 37 menit.

Lebih lanjut Supriyanto mengatakan, untuk perjalanan KA Ranggajati relasi Cirebon - Jember pagi ini, KA Ranggajati memutar dari Cirebon - Semarang - Gundih - Solobalapan. 

“Penumpang KA Ranggajati dari Yogyakarta - Klaten, dinaikkan KA Prameks menuju Solobalapan,” jelasnya.

Ia mengungkapkan dengan adanya kejadian ini KAI menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan gangguan perjalanan KA tersebut.

Sebelumnya dilaporkan, jembatan kereta api yang ada di Desa Tonjong, Kabupaten Brebes putus pada Senin (11/2/2021) malam, karena terkena banjir.

Pejabat yang menjalankan tugas (PYMT) Manager Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto Hendra Wahyono mengatakan kejadian pada Senin pukul 17.45 WIB. 

Menurut dia, informasi putusnya ja;ur kereta api tersebut dilaporkan oleh PPKA (Petugas Pengatur Perjalanan Kereta Api) Stasiun Linggapua ke Pusat Pengendali KA Daop 5 Purwokerto.

“Dilaporkan adanya gogosan di jembatan nomor BH 1120 KM 305+5/6 jalur hulu antara Linggapura – Bumiayu,” kata Hendra. (AS)