Features

Jalur Cicaheum Bandung Lumpuh Total Akibat Banjir Bandang

BANDUNG, SENAYANPOST.comĀ – Kemacetan total melanda kawasan Cicaheum, Kota Bandung, akibat banjir bandang saat hujan deras sekitar pukul 16.00 WIB. Banjir bandang itu terjadi setelah tanggul sungai Cicabe di Jatihandap jebol. Akibatnya luapan sungai Cicabe yang membawa lumpur mengalir hingga ke ruas jalan nasional, Jalan Ahmad Yani-Jalan AH Nasution.

Berdasarkan informasi dari sejumlah warga di kawasan Jatihandap tinggi muka air sungai yang tanggulnya jebol mencapai 150 cm.

Untuk mengatasi lumpur dan genangan yang menutup ruas jalan nasional, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung, Ferdi Ligaswara mengatakan pihaknya menurunkan delapan unit mobil pemadam kebakaran.

“Kita melakukan penyemprotan ke jalan agar lumpur bebas dari jalanan. Kita lakukan secepatnya,” kata Ferdi yang meninjau sekaligus menangani peristiwa tersebut, Selasa (20/3/2018).

Ferdi mengatakan tanggul itu jebol sekitar pukul 16.30 WIB.

“Kemudian sungai Jatihandap meluap yang tidak sebanding dengan kapasitasnya,” jelasnya.

Selain di Jalan Ahmad Yani, pihak Damkar PB juga menerima laporan genangan air di sejumlah wilayah Bandung timur di Jalan Cikadut (Cicaheum), Jalan Purwakarta (Antapani), Jalan Polo air (Arcamanik), Jalan Terusan Jakarta (Antapani), Jalan Rumah Sakit Gedebage dan Jalan Perempatan Gedebage-Soekarno Hatta.

Sementara itu, berdasarkan pantauan dari petang hingga sekitar pukul 21.00 WIB, akibat lumpur yang menutupi jalanan itu membuat lalu lintas menjadi lumpuh di kawasan Cicaheum yang menghubungkan Bandung pusat dengan Bandung timur.

Lalu lintas menuju Cicaheum macet total bahkan hingga mencapai Jalan Surapati dekat Lapangan Gasibu. Sedangkan dari arah timur menuju Bandung kota, kemacetan dilaporkan hingga mencapai Ujung Berung.

Selain itu, akibat banjir bandang, di kawasan Jatihandap mobil-mobil bertumpuk akibat terseret air luapan sungai Cicabe hingga bertumpuk.

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close