Lintas Daerah

Jalan Tol Bocimi Diharapkan Selesai Secepatnya

BANDUNG, SENAYANPOST.com – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) berharap, perhatian dari Presiden Joko Widodo terhadap pembangunan Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) terbalas dengan selesainya pembangunan tersebut.

“Harapan kita, masyarakat umum, khususnya Pemprov Jabar agar Bocimi itu segera terealisasi ya dan Alhamdulillah di era pemerintahan Pak Presiden Jokowi ini, Tol Bocomi itu disegerakan ya,” kata Aher, di Gedung Negara Pakuan Kota Bandung, Jumat (6/4/2018).

Percepatan pembangunan Tol Bocimi dilakukan karena sudah mangkrak sejak 1997. Kemudian ganti kepemilikan hingga beberapa kali, terakhir itu tahun 2015 dan sekarang pemiliknya BUMN yakni PT Wika. Aher berharap ini yang terakhir.

Dirinya juga optimistis seksi satu Tol Bocomi bisa selesai sesuai target karena progres pembangunannya berjalan cukup bagus.

“Insya Allah penyelesaian sudah ada tanda-tandanya sehingga seksi satu dalam waktu dekat bisa rampung. Tapi kalau ditanya apakah (Tol Bocomi) bisa digunakan untuk mudik tahun ini, saya belum tahu namun progresnya besok. Besok Pak Presiden mau meninjau Bocomi,” kata dia.

Sementara itu, Sekda Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa menambahkan salah satu hambatannya adalah kebutuhan lahan yang dinilai sangat penting karena perkembangan fisik seksi satu yang dibagi menjadi lima paket pekerjaan hingga 18 Desember 2016 baru mencapai 21,40 persen.

Iwa menjelaskan untuk paket satu seksi satu Tol Bocimi yang dikerjakan oleh PT Waskita-Wijaya Karya merupakan yang tertinggi pencapaiannya dengan 35,5 persen dan untuk paket dua seksi satu yang dikerjakan Waskita Karya terendah dengan realiasi 1,2 persen.

“Hambatan lain adalah kondisi cuaca musim hujan yang berkepanjangan dimana periode September-November saja hujan rata-rata mencapai 24 hari per bulan,” kata dia.

“Hal tersebut ialah salah satu permasalahan lapangan, solusinya kontraktor melakukan pemasangan terpal di lokasi timbunan yang memungkinkan, kontraktor juga didorong untuk memaksimalkan pekerjaan struktur,” lanjut dia. (AF)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close