Internasional

Jalan Layang Ambruk, 18 Orang Tewas Tertimpa Material

VARANSI, SENAYANPOST.com – Setidaknya 18 orang dilaporkan tewas tertimpa material konstruksi jalan layang yang runtuh di India. Jembatan yang masih dalam tahap konstruksi itu mendadak runtuh dan menimpa sejumlah kendaraan, Selasa (15/5).

Jumlah korban diperkirakan masih akan bertambah karena proses penyelamatan masih berlangsung.

Kecelakaan konstruksi yang mematikan tersebut terjadi di kota Varanasi, di negara bagian Uttar Pradesh, India.

Material jalan layang yang terbuat dari beton dan memiliki berat berton-ton itu menimpa dan menghancurkan sejumlah kendaraan di bawahnya.

“Setidaknya sudah 18 jenazah yang kami temukan sejauh ini. Kami telah menurunkan tujuh tim dari NDRF (Pasukan Tanggap Bencana Nasional) untuk membantu operasi penyelamatan,” kata seorang pejabat di ruang kontrol bencana kepada AFP.

Sebuah rekaman yang disiarkan televisi setempat memperlihatkan kendaraan yang hancur tertimpa material konstruksi jalan, menjadikannya terperangkap di bawah balok beton yang sangat berat.

Lokasi insiden pun menjadi tontonan warga sekitar yang berkerumun ingin menyaksikan karena penasaran.

Laporan saksi mata menyebutkan, satu bagian dari material jalan layang yang sedang dalam tahan pembangunan tersebut mendadak runtuh ke jalan di bawahnya, menimpa bus dan sejumlah kendaraan.

“Saat kejadian saya sedang berada di dekat jalan layang. Saya melihat setidaknya ada empat kendaraan, sebuah becak motor dan satu minibus yang tertimpa material jalan layang yang runtuh,” kata saksi mata kepada wartawan.

Penegakan terhadap aturan keamanan di India masih sangat lemah. Hal tersebut ditambah pihak pelaksana konstruksi yang kerap menggunakan material di bawah standar yang ditentukan. Akibatnya, masih banyak terjadi insiden kecelakaan konstruksi yang menimbulkan korban jiwa.

Pada 2016, sekitar 26 orang tewas setelah sebagian konstruksi jalan layang sepanjang 100 meter runtuh di kota Kolkata. (WW)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close