Jaksa Pinangki Hadapi Vonis Hari Ini

Jaksa Pinangki Hadapi Vonis Hari Ini

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Jakarta akan menggelar sidang dengan agenda pembacaan putusan terhadap terdakwa Jaksa Pinangki Sirna Malasari, Senin (8/2/2021) siang.

"Info hari ini putusan Jaksa Pinangki. Seperti biasa pukul 13.00 WIB," kata Humas Pengadilan Tipikor Jakarta, Bambang Nurcahyono, Senin (8/2).

Pinangki didakwa atas tiga dakwaan, yakni penerimaan suap dari terpidana perkara korupsi pengalihan hak tagih Bank Bali, Djoko Soegiarto Tjandra untuk pengurusan fatwa Mahkamah Agung (MA), pencucian uang atas suap yang diterimanya, serta pemufakatan jahat.

Sebelumnya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) menuntut 4 tahun pidana penjara dan denda Rp500 juta subsider 6 bulan kurungan terhadap Pinangki Sirna Malasari. 

Jaksa meyakini Pinangki terbukti bersalah menerima suap sebesar US$ 500 ribu dari yang dijanjikan Joko Tjandra sebesar US$ 1 juta dolar AS.

Suap melalui mantan politikus Partai Nasdem Andi Irfan Jaya itu diterima Pinangki untuk mengurus permintaan fatwa ke MA melalui Kejagung agar Djoko Tjandra tidak dieksekusi saat kembali ke Indonesia. 

Selain itu, Jaksa meyakini Pinangki melakukan pencucian uang atas suap yang diterima serta bermufakat jahat untuk mengurus permintaan fatwa ke MA melalui Kejagung agar Djoko Tjandra tidak dieksekusi saat kembali ke Indonesia.

Tim kuasa hukum berharap Pinangki mendapatkan putusan yang terbaik. Kuasa hukum menyerahkan sepenuhnya kepada Majelis Hakim dalam menjatuhkan putusan untuk kliennya.

"Ya tentunya kita berharap bu pinangki mendapatkan putusan yang terbaik. Cuma ya kita tunggu nanti saja," kata Kresna.