Jaksa Pinangki Disebut Transfer Uang ke Anak Eks Dirjen Imigrasi

Jaksa Pinangki Disebut Transfer Uang ke Anak Eks Dirjen Imigrasi
Jaksa Pinangki (foto Suara.com)

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Anak mantan Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, Ronny F Sompie bernama Grace Veronica Sompie diperiksa Penyidik Kejaksaan Agung (Kejagung) terkait dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU) yang dilakukan Jaksa Pinangki Sirna Malasari. Kejagung menyebut ada transfer sejumlah uang dari Pinangki ke Grace.

"Pemeriksaan terkait fakta adanya transfer ke Grace," ucap Direktur Penyidikan Jampidsus Kejagung, Febrie Ardiansyah di Gedung Bundar Kejagung, Jakarta Selatan, Rabu (9/9/2020) malam.

Febrie belum mau mengungkap jumlah pasti uang yang ditransfer dari Pinangki ke Grace. Dia mengatakan uang yang ditransfer ke Grace bukan bagian dari 500.000 Dolar AS yang diberi Djoko Soegiarto Tjandra kepada Pinangki.

"Yang jelas kami akan menelusurinya. Konteksnya nanti disampaikan lebih lanjut, saya khawatir mengganggu penyidikan," kata Febrie.

Saat ditanya apakah Pinangki dan Grace kenal secara personal, Febrie mengaku belum mendalami hal tersebut. Dia mengatakan rangkaian proses pemeriksaan masih dilakukan oleh penyidik.

Sebelumnya, Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung Hari Setiyono mengatakan transfer Pinangki ke Grace terkait jual beli online atau daring. Pinangki ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan gratifikasi dan TPPU. Pinangki diduga menerima uang dari Djoko Tjandra sebesar 500.000 Dolar AS atau sekitar Rp7 miliar.

Uang itu rencananya akan digunakan untuk mengurus fatwa ke Mahkamah Agung (MA). Dengan fatwa tersebut, Djoko Tjandra tidak perlu menjalani hukuman dua tahun penjara yang dijatuhkan MA pada 2009 lalu. Sementara itu, politikus Andi Irfan Jaya juga ditangkap karena diduga menjadi perantara antara Pinangki dan Djoko Tjandra.