Jaksa Pinangki Berpakaian Syar'i, Suami: Dulu Disuruh Salat Saja Susah

Jaksa Pinangki Berpakaian Syar'i, Suami: Dulu Disuruh Salat Saja Susah
Jaksa Pinangki Sirna Malasari

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Penampilan Jaksa Pinangki Sirna Malasari mulai berubah ketika terjerat kasus dugaan suap. Sebelumnya, Pinangki kerap bergaya glamour. Namun sejak terjerat kasus hukum, khususnya ketika menjalani persidangan, Pinangki mulai memakai hijab dan memakai gamis syar'i.

Perubahan penampilan Pinangki rupanya juga membuat kaget suaminya, Napitupulu Yogi Yusuf. Polisi berpangkat AKBP ini menyebut dahulu Pinangki susah ketika diminta salat. Namun kini ia bersyukur Pinangki berubah dan mulai berpakaian syar'i.

"Bukannya saya membawa-bawa agama, dahulu saya suruh salat saja susah. Sekarang enggak usah saya suruh dia berpakaian syar'i seperti ini. Sekarang dia yang lebih banyak mengingatkan saya soal salat," kata Yogi saat bersaksi dalam sidang Pinangki di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (16/11) seperti dikutip dari Antara.

Dalam kesempatan itu, Yogi bercerita mengenai awal pernikahannya dengan Pinangki. Ia menikahi Pinangki pada 1 November 2014 saat berdinas di Polda Bengkulu dan Pinangki di Kejagung. Yogi sempat 2 kali menjadi Kapolres di Bengkulu sebelum akhirnya kembali ke Jakarta pada 2018. Pinangki hanya sebulan sekali menemui Yogi di Bengkulu selama keduanya tinggal berbeda pulau.

Yogi kembali ke Jakarta pada Februari 2018. Keduanya tinggal di apartemen Dharmawangsa Essence. Namun hubungan mereka menjadi tidak harmonis hingga akhirnya Pinangki pindah ke apartemen Pakubuwono Signature. Pinangki dan Yogi baru kembali tinggal bersama di apartemen Dharmawangsa Essense pada Juli 2020.

"Tiba-tiba dia (Pinangki) sewa apartemen Pakubuwono, dia pindah sama anak ke situ. Alasan pindahnya secara perasaan saya karena ada masalah sama saya, tapi tidak terucap dan dia hanya mengatakan karena COVID-19 karena saya masih ngantor di Bareskrim saat itu, sedangkan di apartemen Pakubuwono itu peraturannya ketat orang tidak boleh keluar masuk," kata Yogi menjelaskan.

Yogi mengaku sudah mencari solusi permasalahan keduanya tetapi akhirnya selalu berakhir dengan keributan dan sulit untuk dicari titik temu. Meski demikian, Yogi menegaskan Pinangki bakal tetap menjadi istrinya meski terjerat kasus hukum.

"Biarlah masalah ini menjadi pelajaran buat kami berdua dan mudah-mudahan Pinangki menjadi lebih baik, itu saja yang saya harapkan. Sampai kapan pun dia masih istri saya, saya tanggung jawab," ucapnya.

"Dia (Pinangki) pada dasarnya baik, sama orang tua saya sayang," lanjut Yogi.

Dalam perkaranya, Pinangki dijerat dengan tiga dakwaan. Pertama, Pinangki didakwa menerima suap sebesar USD 500.000 dari Djoko Tjandra. Suap tersebut bertujuan memuluskan fatwa ke MA agar Djoko Tjandra tidak perlu menjalani 2 tahun penjara di kasus cessie.

Kedua, dakwaan pencucian uang yang berasal dari penerimaan suap sebesar USD 444.900. Ketiga, Pinangki didakwa melakukan pemufakatan jahat bersama dengan Andi Irfan Jaya dan Djoko Tjandra untuk menyuap pejabat di Kejagung dan MA senilai USD 10 juta.