Hukum

Jaksa: Banding untuk Membuktikan bahwa Dhani Memang Bersalah

SURABAYA, SENAYANPOST.com — Jaksa penuntut umum (JPU) Winarko mengungkapkan pihaknya mengajukan banding atas vonis hukuman 1 tahun penjara kepada Ahmad Dhani Prasetyo Dhani, tujuannya untuk membuktikan bahwa Dhani memang bersalah.

Ia mengatakan upaya tersebut dilakukan pihaknya sebagai bentuk perlawanan dari banding yang diajukan kuasa hukum musikus Dewa 19 tersebut.

“Kalau Dhani banding, kami juga banding. Teknisnya besok kita lihat berkas sudah masuk apa belum, kalau masuk kita banding juga,” kata Winarko, Sabtu (15/6/2019).

Winarko mengatakan pengajuan banding tersebut sudah sesuai dengan SOP yang berlaku. Ia menuturkan sifat dari banding itu sendiri adalah mempertahankan pembuktian bahwa Dhani bersalah dalam kasus ini, karena sebagaimana diketahui suami Mulan Jameela itu hingga kini enggan mengakui perbuatannya, dan meminta vonis bebas.

“Kalau kami, bukan untuk memberatkan atau meringankan, tapi banding ini untuk tetap membuktikan bahwa dia itu salah. Kalau soal memberatkan hukuman itu sudah wewenang hakim, vonis (1 tahun) ini juga bagi jaksa sudah sesuai karena dua pertiga dari tuntutan kami,” kata dia.

Ia juga mengatakan jaksa sudah siap untuk menghadapi banding Dhani, melalui material yuridis.

“Sama-sama kami adu argumen, untuk material yuridisnya, mereka menentang kalau itu tidak terbukti, padahal saksi ahli sudah menerangkan semuanya, putusan hakim itu juga berdasarkan ahli semuanya,” kata dia.

Senada, Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Timur Sunarta menyebut pengajuan banding ini dilakukan untuk mengimbangi upaya banding yang dilakukan oleh Dhani.

Upaya banding ini juga, kata Sunarta dilakukan pihaknya sebagai langkah antisipasi jaksa, barang kali kasus Dhani ini bisa sampai ke tahap kasasi. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close