Jakarta Tuan Rumah Balapan Formula E pada 2020

Jakarta Tuan Rumah Balapan Formula E pada 2020

JAKARTA, SENAYANPOST.com – DKI Jakarta akan menjadi tuan rumah berlangsungnya balap mobil listrik Formula E. Hal ini disampaikan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dalam akun media sosial Instagram miliknya, Minggu (14/7/2019).

“Alhamdullilah, berhasil. Jakarta akan menjadi salah satu tuan rumah balap mobil bergengsi Formula E di pertengahan 2020,” kata Anies dalam caption unggahannya di Instagram.

Anies mengungkapkan dirinya langsung bertolak dari Medellin menuju New York untuk bernegosiasi dengan pengelola Formula E.

Rencana ini sudah dipersiapkan sejak tiga bulan lalu. Tim Formula E sendiri sudah melakukan uji lapangan di Jakarta pada 8-9 Juli 2019.

Anies mengungkapkan karena Jakarta berkompetisi dengan kota-kota lain di dunia, persiapan dikerjakan tanpa banyak menarik perhatian.

Pertemuan sendiri dilakukan pada 13 Juli 2019 bersamaan dengan putaran final Sesi 6 Formula E.

Anies bernegosiasi dengan Alexandro Agag dan Alberto Longo, pemimpin di organisasi Formula E.

“Akhirnya disepakati Jakarta lebih layak dipilih menjadi tuan rumah. Ini artinya mata dan kamera seluruh dunia akan datang dan menyorot Jakarta. Ribuan penonton seluruh dunia akan hadir termasuk yang datang dari dalam negeri.Yang tak kalah penting adalah manfaat pergerakan ekonomi,” ucap Anies.

Dia mengatakan, berdasarkan hasil studi satu event balapan di Jakarta ini akan menggerakkan perekonomian hingga lebih dari 78 juta Euro atau Rp1,2 triliun.

Formula E adalah balapan yang tengah naik daun dimana mobil-mobil yang digunakan merupakan mobil formula bertenaga listrik.

Musim ini ada 13 seri yang berlangsung dengan kota-kota seperti Maroko, Santiago, Mexico City, Hong Kong, Paris, Roma, Berlin dan New York menjadi tuan rumah dengan sirkuit di jalanan perkotaan.