Internasional

Jakarta Minta Turki Segera Ungkap Kasus Hilangnya Khashoggi

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Kasus hilangnya jurnalis Arab Saudi Jamal Khashoggi, masih terus diselidiki. Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Indonesia berharap otoritas Turki segera mengungkap kasus tersebut.

“Tentu kita sangat prihatin ya bahwa kasus tersebut terjadi. Apalagi itu terjadi di premesis, di lokasi konsuler. Tentunya kita berharap benar-benar bisa diketahui apa sebenarnya yang terjadi di situ, dan bisa terungkap apa yang dilakukan pelakunya, dan bisa diambil langkah-langkah hukum sesuai dengan hukum yang berlaku, baik di Turki maupun di Arab Saudi,” kata juru bicara Kemenlu, Arrmanatha Nasir di Jakarta, Kamis (18/10/2018).

“Tentunya kita berharap, baik pihak Turki, otoritas Turki, bisa mengungkap apa yang telah terjadi dan agar mengambil langkah-langkah bersama Arab Saudi untuk sesuai dengan hukum yang berlaku untuk mengungkap kasus itu,” lanjutnya.

Arrmanatha atau yang biasa disapa Tata berharap otoritas Turki mengambil langkah bersama Arab Saudi untuk mengungkap kasus itu.

“Itu kan bagian dari proses investigasi yang sedang dilakukan. Kita nggak bisa bilang kita meyakini A atau B sebelum kita mengetahui detail dari kejadian tersebut. Hari ini kan sedang diinvestigasi oleh Pemerintah Turki dan Arab Saudi. Kita tunggu hasilnya dari proses investigasi tersebut,” ujarnya.

Terkait apakah kasus Khashoggi akan dibahas dalam pertemuan diplomatik antara Indonesia dan Arab Saudi yang akan berlangsung pekan depan, Tata belum bisa memastikan. Menurutnya, pembahasan soal Khashoggi akan melihat perkembangan saat pertemuan.

“Kita lihat nanti. Hal seperti itu kan tidak langsung berhubungan dengan hubungan bilateral. Kita tentu dalam pertemuan seperti ini, tidak saja hubungan bilateral yang menjadi perhatian, namun juga perkembangan-perkembangan terkait dengan di kawasan maupun di tingkat global. Bisa saja diangkat, namun kita harus lihat itu nanti perkembangannya pada saat pertemuan,” pungkasnya.

Sebelumnya, pemerintah Saudi telah membantah keras tuduhan keterlibatan dalam hilangnya Khashoggi. Jurnalis pengkritik kebijakan pemerintah Saudi itu menghilang sejak masuk ke dalam Konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober lalu. Khashoggi mendatangi Konsulat Saudi untuk mengurus surat-surat untuk keperluan rencana pernikahannya dengan tunangannya asal Turki, Hatice Cengiz.

Konsulat Saudi sebelumnya menyebut Khashoggi telah keluar dari gedung itu. Namun otoritas Turki dan tunangan Khashoggi menegaskan dia masih ada di dalam konsulat. Sumber-sumber pemerintahan Turki menyebut Khashoggi telah dibunuh di Konsulat Saudi.

KOMENTAR
Tags
Show More
Close