Peristiwa

Jakarta Hari Ini Diprediksi Hujan Lebat Disertai Angin Kencang

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan cuaca yang terjadi di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya hari ini, Selasa (12/11).

BMKG merilis di tiga wilayah DKI Jakarta potensi hujan, disertai kilat dan angin kencang mulai siang hingga malam hari.

“Waspada potensi hujan disertai kilat atau petir dan angin kencang di wilayah Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Pusat, dan Jakarta Barat pada siang dan malam hari,” tulis BMKG dalam keterangan resmi, Selasa (12/11).

Sementara itu pada malam hari, seluruh wilayah Jakarta diprediksi mengalami hujan, kecuali Kabupaten Kepulauan Seribu yang cerah berawan di siang hari dan berawan tebal saat malam.

BMKG memprediksi suhu udara di Jakarta berkisar 24 hingga 29 derajat Celcius atau berkategori wajar serta kelembapan udara rata-rata 80 hingga 95 persen.

Sebelumnya BMKG memprakirakan potensi hujan lebat akan terjadi di beberapa wilayah Indonesia dalam sepekan ke depan.

Kondisi tersebut juga disebabkan melemahnya intensitas siklon tropis Nakri di Laut Cina Selatan sehingga menyebabkan angin timur di selatan ekuator turut mengalami pelemahan dan dapat meningkatkan aliran massa udara basah dari Asia masuk ke wilayah Indonesia.

Daerah pertemuan dan belokan angin yang diidentifikasi terbentuk di wilayah Sumatera, Kalimantan dan Jawa.

“Kondisi atmosfer tidak stabil di sebagian besar wilayah Sumatera, Kalimantan dan Jawa juga turut mendukung pertumbuhan awan hujan yang cukup signifikan dalam periode sepekan ke depan,” kata Deputi bidang Meteorologi BMKG R Mulyono R Prabowo. (AR)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close