Jadi Kapolri, Berapa Kisaran Gaji-Tunjangan Listyo Sigit?

Jadi Kapolri, Berapa Kisaran Gaji-Tunjangan Listyo Sigit?

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu (27/1/2021) kemarin secara resmi melantik Komisaris Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri, menggantikan Jenderal Pol Idham Azis.

Setelah melewati proses fit and proper test hingga pengesahan pengangkatan di rapat paripurna DPR RI  pekan lalu, akhirnya Listyo Sigit Prabowo memiliki jabatan baru dan naik pangkat dari Komisaris Jenderal Polisi menjadi Jenderal Polisi yang merupakan jabatan tertinggi.  

Listyo Sigit dilantik berdasarkan surat Keputusan Presiden Nomor  7 Polri Tahun 2021 Tentang Pengangkatan Kepala Kepolisian Republik Indonesia yang ditetapkan pada 27 Januari 2021.

Berhasil menjadi Kapolri baru, dan telah disetujui oleh DPR, berapakah gaji dan tunjangan yang di dapat Listiyo sebagai Kapolri? 

Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua Belas atas Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 2001 tentang Peraturan Gaji Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, tentang gaji pokok yang diperoleh Jenderal Polisi setiap bulannya berkisar Rp 5.238.200 hingga Rp 5.930.800.

Tidak hanya gaji pokok, sebagai Kapolri Listyo Sigit juga akan menerima tunjangan melekat di antaranya tunjangan kinerja, tunjangan keluarga, tunjangan lauk pauk, hingga tunjangan jabatan. 

Diketahui, tunjangan kinerja menjadi tunjangan paling besar jumlahnya yang disesuaikan pangkat.

Untuk Kapolri sendiri diketahui memiliki tunjangan kinerja sebesar 150 persen dari tunjangan kinerja kelas jabatan 17, yakni sebesar Rp 43.627.500.  

Listyo Sigit yang kini berpangkat jenderal bintang empat, ditunjuk Jokowi menggantikan Idham Azis yang akan pensiun pada 1 Februari mendatang. Ia ditetapkan setelah melalui fit and proper test oleh Komisi III DPR 20 Januari lalu. (Jo)