Nasional

Jabung Rusuh, Warga Rusak Aset PT Austasia

LAMPUNG, SENAYANPOST.com – Warga Desa Negara Batin, Kecamatan Jabung, Kabupaten Lampung Timur, Lampung, merusak sejumlah fasilitas perusahaan penggemukan dan breeding sapi PT Austasia Stockfeed, Sabtu (18/3) malam.

Kerusuhan ini dipicu kesalahpahaman atas dugaan sengketa lahan dan penangkapan Kades Negara Batin yang dituding telah melakukan pemalsuan surat tanah.

Kapolres Lampung Timur, AKBP Yudy Chandra Erlianto, membenarkan kejadian itu. “Hanya terjadi kesalahpahaman saja,” ujarnya di Lampung Timur, Minggu (18/3/2018).

Ia menjelaskan, awalnya pihaknya hanya memanggil oknum Kepala Desa (Kades) Negara Batin, Kecamatan Jabung, Lampung Timur, Mansur Syah, untuk dilakukan pembahasan terhadap PT. Austasia Stookfed dengan masyarakat setempat.

Ternyata, masyarakat terlanjur emosi dan mengambil tindakan sendiri dengan berkumpul di Polsek Jabung dan PT Austasia Stookfed menuntut agar kades dilepaskan.

Warga tak hanya berkumpul, tetapi juga melakukan perusakan terhadap pos satpam dan dua kendaraan milik PT Austasia Stookfeed.

“Setelah saya bicara langsung dengan Camat Jabung dan tokoh masyarakat yang ada, masalah tersebut selesai dan Kades sudah pulang bersama masyarakat setempat,” terangnya.

Setelah kejadian tersebut, aparat kepolisian dari Polres Lamtim dan Polda Lampung kemudian berjaga-jaga di lokasi PT Austasia dan Mapolsek. Situasi saat ini sudah aman dan terkendali.

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close