Lintas Daerah

Jabar Genjot Pembebasan Lahan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan

BANDUNG, SENAYANPOST.com – Pembebasan lahan untuk pembangunan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) masih menjadi persoalan pelik di beberapa seksi.

Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat M. Iriawan menjelaskan, pada seksi dua fase II (Ciherang- Sumedang) sepanjang 10,70 kilometer, baru 88,47 persen tanah yang bebas. Lalu pada seksi satu fase III (Cileungi-Rancakalong) sepanjang 11,45 kilometer progres tanah bebasnya baru mencapai angka 37,43 persen.

“Tentunya kami berharap pembangunan proyek jalan Tol Cileunyi -Sumedang- Dawuan atau Cisumdawu tidak melebihi target waktu yang telah ditentukan. Dan pembangunannya terus digenjot serta pembebasan lahan jadi prioritas,” kata Iriawan dalam siaran persnya, Kamis (12/7/2018).

Ia mengatakan sebagai upaya tindak lanjut, pada seksi dua fase II, tepatnya pada pembebasan lahan `main road`, dimana terdapat 70 bidang lahan yang belum bebas dari 1.100 bidang lahan.

“Proses pembebasan lahan 70 bidang tanah akan segera dilakukan konsinyasi,” ujar Iriawan.

Menjadi tanggung jawab Pemprov Jabar dan Kabupaten Sumedang, kata Iriawan, untuk memastikan pembangunan jalan tol berjalan sesuai harapan walaupun merupakan proyek nasional.

“Ada beberapa seksi untuk Cisumdawu, yang jelas target 2020 harus selesai, jadi tahapan-tahapan terus dilakukan baik oleh Pemerintah maupun Swasta sehingga kita harapkan sesuai dengan target,” kata dia. (MU)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close