Internasional

Israel Kecam Timnas Argentina karena Batal Tanding di Yerusalem

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Israel mengecam keputusan tim nasional sepakbola Argentina karena membatalkan rencana pertandingan persahabatan di Yerusalem akhir pekan ini.

Menteri Pertahanan Israel Avigdor Lieberman menilai keputusan itu memalukan serta menganggap Argentina menyerah hanya karena hasutan kebencian terhadap Israel.

“Ini memalukan bahwa keagungan sepakbola Argentina tidak tahan terhadap tekanan dari para penghasut-penghasut yang membenci Israel,” kicau Lieberman melalui Twitternya, Rabu (6/5).

Lieberman mengatakan para penghasut ingin membatalkan pertandingan itu demi menyerang hak dasar Israel dan menghancurkan negaranya.

“Kami tidak akan menyerah kepada kelompok dan tindakan anti-Semit,” kata dia.

Pernyataan itu diutarakan Lieberman menanggapi batalnya duel timnas Argentina versus Israel yang rencananya digelar Sabtu (9/6) ini di Yerusalem. Padahal, tiket pertandingan sudah terjual habis.

Dikutip AFP, kedutaan besar Israel untuk Argentina mengatakan batalnya pertandingan disebabkan karena “ancaman dan provokasi” yang diterima timnas Argentina, terutama terhadap pemain papan atas Lionel Messi.

Menurut kedubes Israel, banyak tekanan hingga ancaman yang mendesak timnas Argentina untuk membatalkan pertandingan itu.

Palestina memang telah menentang keras perhelatan pertandingan ini. Sebab, pertandingan itu digelar di Yerusalem, kota yang selama ini disengketakan Israel dan Palestina.

Kedua pihak sama-sama memperebutkan Yerusalem sebagai ibu kota masa depan mereka.

Presiden Asosiasi Sepak Bola Palestina Jibril Rajoub menganggap sepakbola dan Messi merupakan simbol dari kedamaian serta cinta yang seharusnya membela kebenaran.

“Messi adalah simbol dari kedamaian dan cinta. Kami akan memulai kampanye protes kepada Asosiasi Sepak Bola Argentina, dan fokus pada Messi yang punya 10 juta penggemar di Arab dan negara Muslim,” tutur Rajoub.

“Kami meminta semuanya untuk membakar kostum dengan nama Messi dan juga poster (bergambar Messi).”

Kedutaan Besar Palestina di Argentina juga sudah melancarkan protes keras terkait rencana duel tersebut. Mereka meminta Argentina untuk membatalkan pertandingan yang dinilai jadi bagian perayaan 70 tahun pendudukan Israel.

“Bagi kami, hal ini tidak bisa diterima karena mereka mengadakan pertandingan di Yerusalem karena itu adalah wilayah yang diduduki (oleh Israel),” kata Duta Besar Palestina di Argentina, Husni Abdel Wahed, seperti dikutip dari Al Jazeera.

“Sungguh menyakitkan melihat tim (Argentina) yang punya banyak cinta dan dukungan dari warga Palestina dan warga Arab, mendukung pelanggaran terhadap hukum internasional.” (MU)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close