Internasional

Israel dan Hizbullah Jual Beli Serangan di Perbatasan Lebanon

BEIRUT, SENAYANPOST.com – Milisi Lebanon Hizbullah menembakan rudal ke militer Israel di perbatasan pada Ahad kemarin sebagai balasan atas serangan Israel seminggu sebelumnya.

Sebelumnya, serangan udara Israel menewaskan dua anggotanya di Suriah dan satu serangan drone menghancurkan bangunan Hizbullah di Beirut.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan serangan tidak menimbulkan korban jiwa.

“Tidak ada korban luka, bahkan tidak ada yang lecet sedikitpun,” katanya.

Israel mengatakan satu pasukan Hizbullah menembakkan dua atau tiga rudal anti-tank setelah pukul 4 sore di sebuah pos militer yang terletak tepat di luar kota kecil Avivim Galilea Atas, yang berada di hadapan Garis Biru yang ditetapkan PBB di seberang desa Libanon Marun al Ras.

Rudal-rudal itu mengenai beberapa sasaran di kota Avivim perbatasan Israel pada hari Minggu, kata tentara Israel, yang kemudian membalasnya.

Menurut Hizbullah, rudal yang diluncurkan dari Libanon menghancurkan sebuah tank, membunuh dan melukai orang-orang di dalamnya, kantor berita AFP melaporkan.

Siapkan Segala Skenario

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan Israel siapkan segala skenario apa pun setelah serangan lintas-perbatasan dengan Hizbullah di Lebanon.

Pemimpin Israel tetap pada jadwal regulernya, mengomentari situasi keamanan, hanya dalam bahasa Ibrani, pada awal pertemuan dengan presiden Honduras, dan tidak menerima pertanyaan dari wartawan.

“Kami diserang oleh beberapa rudal anti-tank. Kami membalasnya dengan 100 peluru, tembakan udara dan berbagai aksi balasan lain. Kami sedang dalam konsultasi tentang apa yang akan datang,” kata Netanyahu.

“Saya telah memberikan instruksi yang harus disiapkan untuk skenario apa pun, dan kami akan memutuskan apa yang akan terjadi selanjutnya tergantung pada bagaimana hal-hal berkembang,” katanya.

Kedua pihak bertempur dalam perang selama sebulan pada 2006 setelah Hizbullah menangkap dua tentara Israel dalam serangan lintas perbatasan.

Israel telah bersiaga untuk konfrontasi dengan Hizbullah selama seminggu terakhir setelah dua drone jatuh di pinggiran selatan Beirut, di mana salah satu dari mereka meledak. (AR)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close